Liverpool 4-3 Leeds United: The Reds Menangi Duel Pressing Berkat Hat-trick Mohamed Salah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 13 September 2020
Liverpool 4-3 Leeds United: The Reds Menangi Duel Pressing Berkat Hat-trick Mohamed Salah
Mohamed Salah (twitter/premierleague)

BolaSkor.com - Liverpool harus berjuang keras untuk meraih tiga poin pada laga pertama mereka di musim 2020-21. The Reds menang tipis 4-3 saat menjamu Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (13/9) WIB. Mohamed Salah mencetak trigol pada laga ini, termasuk gol kemenangan di pengujung laga.

Liverpool tampil dengan skuat yang familiar dengan trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan. Di lini tengah Jordan Henderson kembali tampil setelah pulih dari cedera.

Di kubu Leeds United, hanya Robert Koch pemain anyar yang ditampilkan manajer Marcelo Bielsa. Sedangkan di lini depan Bielsa mengandalkan Patrick Bamford, sementara penyerang baru mereka Rodrigo masih duduk di bangku cadangan.

Baca Juga:

7 Statistik Menarik Jelang Derby London Fulham versus Arsenal

10 Fakta Jelang Duel Liverpool Melawan Leeds United di Anfield

Duit Masih Banyak, Chelsea Persiapkan Dana Transfer Declan Rice

Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Liverpool mendapatkan penalti menyusul handball Robin Koch. Mohamed Salah yang menjadi algojo menjalankan tugasnya secara sempurna. Ini merupakan musim keempat secara beruntun Salah mencetak gol di laga pertama.

Keunggulan Liverpool hanya bertahan delapan menit. Usai menerima umpan panjang akurat dari Kalvin Philips, Jack Harrison melakukan aksi yang menaklukkan Trent-Alexander Arnold dan Joe Gomez sebelum melepaskan tendangan yang tak kuasa dibendung Allison. Laga berjalan 12 menit, skor imbang 1-1.

Pada menit ke-16, wasit membatalkan gol Liverpool setelah Andy Robertson terlebih dulu dalam posisi offside sebelum Sadio Mane melepaskan tembakan lambung. Gol kedua bagi Liverpool tiba selang tiga menit kemudian.

Liverpool kembali unggul lewat tandukan Virgil van Dijk yang meneruskan umpan sepakan pojok Robertson pada menit ke-19.

Tuan rumah nyaris menambah gol lewat dua kesempatan dalam rentang tiga menit. Peluang pertama datang pada menit ke-25 lewat Jordan Henderson yang sepakan kerasnya tepat ke pelukan Illlan Meslier. Selang tiga menit Meslier secara gemilang menghalau bola sepakan Trent yang berubah arah.

Gagal dua memaksimalkan peluang, Liverpool justru kebobolan pada menit ke-30. Kesalahan fatal Van Dijk yang tidak sempurna menghalau bola mampu dimanfaatkan Bamford. Skor kembali imbang.

Kebobolan gol lewat kesalahan sendiri membuat Liverpool berusaha bangkit. Tuan rumah hanya butuh tiga menit untuk kembali unggul. Kali ini gol datang dari Mo Salah lewat sepakan derasnya dari dalam kotak penalti. Skor 3-2 saat laga berjalan 33 menit.

Setelah kedua kubu saling bertukar penguasaan bola, laga babak pertama di Anfiled berakhir dengan skor 3-2 untuk tuan rumah Liverpool.

Babak kedua Liverpool mulai banyak menekan dan menciptakan peluang. Namun usaha tuan rumah selalu membentur pertahanan Leeds. Pada menit ke-57, Leeds menjebol gawang Liverpool. Namun wasit tidak menganggap terjadi gol karena sudah terlebih dulu offside.

Menit ke-66 keadaan kembali imbang. Leeds untuk ketiga kalinya berhasil menyamakan kedudukan, kali ini gol lahir lewat sepakan Mateusz Klich meneruskan umpan Helder Costa. Skor 3-3.

Memasuki menit 79, giliran Liverpool yang golnya tidak disahkan wasit. Kali ini wasit membatalkan gol Van Dijk setelah sebelumnya terlebih dulu terjadi pelanggaran.

Kurang sepuluh menit wasktu normal tersisa, Liverpool menggencarkan tekanan demi memburu gol kemenangan. Namun upaya Firmino dan kawan-kawan selalu gagal melewati pertahanan Leeds.

Saat laga tersisa tiga menit, Liverpool kembali mendapatkan penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Rodrigo terhadap Fabinho. Sekali lagi, Mo Salah sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor dan membawa Liverpool lagi-lagi unggul. Mo Salah pun menjadi pemain Liverpool pertama sepanjang sejarah yang mencetak hat-trick pada laga pembuka musim.

Liverpool berhasil mempertahankan skor 4-3 hingga laga usai.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Matip 89), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson (Jones 66), Naby Keita (Fabinho 60); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Leeds United (4-1-4-1): Illlan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Pascal Struijk, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Pablo Hernandez (Roberts 62), Mateusz Klich (Shackleton 81), Jack Harrison; Patrick Bamford (Rodrigo 66).

Premier League Liverpool Leeds United Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan