Manchester City 1-1 Liverpool: Akhir Catatan 23 Kemenangan Beruntun The Citizens

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 25 November 2023
Manchester City 1-1 Liverpool: Akhir Catatan 23 Kemenangan Beruntun The Citizens
Selebrasi gol Trent Alexander-Arnold ke gawang Manchester City (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool belum meraih kemenangan di Etihad Stadium sejak terakhir melakukannya pada 2015, tetapi pada pekan 13 Premier League, Sabtu (25/11) malam WIB, The Reds menahan imbang 1-1 Manchester City.

Hasil imbang itu didapat Liverpool usai sempat tertinggal 0-1 di babak pertama. Selain itu, Liverpool juga mengakhiri catatan kemenangan beruntun Man City di kandang pada angka 23.

Jalannya Pertandingan

Kembali bertanding usai jeda internasional November, baik Manchester City dan Liverpool memulai laga dengan tempo lambat. Terutamanya di Inggris pertandingan dimainkan pada siang menjelang sore hari.

Erling Haaland memimpin lini depan Man City dengan dukungan Phil Foden, Julian Alvarez, Jeremy Doku di belakangnya. Liverpool, dengan taktik 4-3-3, mengandalkan Mohamed Salah, Diogo Jota, Darwin Nunez di lini depan.

Baca Juga:

Manchester United dan Chelsea, Dua Tim dengan Badai Cedera Terbanyak di Premier League

Bukan Jose Mourinho, Pep Guardiola Anggap Jurgen Klopp sebagai Rival Terberatnya

Daripada Gabung Manchester United, Joao Neves Lebih Baik Menuju Manchester City

Man City, seperti biasa, mengambilalih dominasi penguasaan bola dengan Rodri dan Bernardo Silva di lini tengah. Liverpool mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan kecepatan trisula mereka.

Selama 20 menit laga, pertandingan berjalan cukup 'unik' khususnya untuk Liverpool. Pasalnya, berulang kali mereka terlihat panik kala mendapatkan pressing (tekanan) dari Man City hingga salah mengoper bola.

Beberapa momen itu seperti Alisson yang coba mengoper bola namun dipotong Foden dan sepakannya tepat sasaran, tetapi bisa ditepis Alisson. Begitu juga Curtis Jones yang mengoper bola kepada Alisson dalam posisi pemain Man City menekan, hingga sapuan Alisson tak sempurna.

Kesalahan yang dilakukan pemain Liverpool pada akhirnya dihukum oleh pemain Man City. Pada menit 27 bola lambung Alisson tak sempurna, direbut Nathan Ake yang memberi assist dan dikonversi jadi gol oleh Haaland. 1-0 Man City unggul.

Selepas gol tersebut Liverpool coba menyamakan kedudukan dan menciptakan beberapa peluang, tetapi penyelesaian akhir tim tak berujung gol, pertahanan Man City juga bertahan baik. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Tempo laga tak berubah di babak kedua dan juga permainan masih sama seperti babak pertama. Bedanya, Jurgen Klopp memainkan pemain-pemain 'segar' dari bangku cadangan dengan masuknya Luis Diaz, Ryan Gravenberch, Harvey Elliott, Cody Gakpo, dan Wataru Endo.

Liverpool tidak menyerah untuk menyamakan kedudukan dan gol itu pun akhirnya datang di menit 80, 10 menit sebelum laga berakhir. Berawal dari assist Mo Salah kepada Trent Alexander-Arnold, yang naik membantu serangan, ia mencetak gol dan kedudukan sama kuat 1-1.

Jelang laga berakhir, plus delapan menit tambahan waktu, Man City punya peluang unggul. Akan tapi peluang yang diciptakan oleh Haaland, Bernardo Silva urung berbuah gol. Pertandingan pun berakhir imbang 1-1 di Etihad Stadium.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodri, Bernardo Silva; Phil Foden, Julian Alvarez, Jeremy Doku; Erling Haaland.

Pemain Cadangan: Kalvin Phillips, John Stones, Stefan Ortega, Sergio Gomez, Josko Gvardiol, Scott Carson, Oscar Bobb, Rico Lewis.

Pelatih: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas; Dominik Szoboszlai (Cody Gakpo 72'), Alexis Mac Allister (Wataru Endo 84'), Curtis Jones (Ryan Gravenberch 54'); Mohamed Salah, Diogo Jota (Luis Diaz 54'), Darwin Nunez (Harvey Elliott 84').

Pemain Cadangan: Joe Gomez, Wataru Endo, Ibrahima Konate, Luis Diaz, Cody Gakpo, Harvey Elliott, Ryan Gravenberch, Caoimhin Kelleher, Jarell Quansah.

Pelatih: Jurgen Klopp

Premier League Manchester City Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan