BolaSkor.com - Arsenio Jermaine Cedric Valpoort telah melakoni pertandingan debut di kompetisi Indonesia bersama Persebaya Surabaya. Mantan pemain timnas Belanda U-20 itu bahkan nyaris mencetak gol perdana di Liga 1 2021-2022 ketika melawan TIRA-Persikabo, Senin (10/1) kemarin.

Arsenio Valpoort sendiri baru bergabung dua hari sebelum laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Dia masuk sebagai menggantikan Samsul Arif yang mencetak hat-trick pada laga tersebut. Bermain selama kurang lebih 24 menit, Valpoort nyaris mencetak gol perdananya bagi Persebaya dalam debutnya.

Sayang tendangannya masih membentur pemain belakang Persikabo. Namun, pelatih Persebaya Aji Santoso menilai jika tendangan mantan pemain RKC Waalwijk tersebut seharusnya handsball.

Baca Juga:

Alfredo Vera Sebut Yustinus Pae Akan Kembali ke Persipura

Syahrian Abimanyu Menjadi Rekrutan Terakhir Persija

"Meski tidak cetak gol di laga debut, tapi dia mendapatkan peluang. Yang seharusnya peluang itu menjadi handsball. Jadi pertandingan kemarin itu kesempatan Valpoort untuk beradaptasi dengan tim," kata pelatih 51 tahun tersebut.

Aji Santoso menegaskan perlu waktu sepertinya bagi Valpoort untuk beradaptasi. Kendati demikian, mantan pelatih timnas Indonesia tersebut berharap penyerang 29 tahun itu bisa segera menunjukkan performa terbaiknya bersama Bajol Ijo.

"Sebelum (pertandingan) kemarin, dia tidak pernah latihan bersama (Persebaya), hanya ketika official training. Apalagi setelah perjalanan dari Belanda ke Indonesia dan masih harus karantina selama satu minggu tanpa latihan, makanya saya beri kesempatan main untuk adaptasi," beber Aji Santoso.

Peluang eks striker Busan IPark tersebut untuk tampil melawan PSM Makassar di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1) belum dipastikan. Tak tertutup kemungkinan Aji Santoso kembali memberi kesempatan Samsul yang telah mencetak total 6 gol. Menariknya, setiap penyerang asal Bojonegoro itu mencetak gol, Persebaya selalu meraih poin.

Lebih lanjut Aji menyatakan dirinya sebenarnya belum berharap banyak kepada Valpoort. Padahal, mantan penyerang timnas Belanda U-20 itu didatangkan untuk mempertajam lini depan tim asal Kota Pahlawan tersebut. Pasalnya, ujung tombak sebelumnya, Jose Wilkson Teixeira Rocha yang menyumbangkan enam gol telah dilepas ke Persela Lamongan dengan status pinjaman.

"Jujur saya belum terlalu banyak mengharapkan dia. Yang terpenting bagi saya adalah memberi waktu dan kesempatan Valpoort untuk adaptasi dengan tim," pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)