BolaSkor.com - Setahun menjelang bergulirnya Olimpiade Tokyo 2020, Jepang resmi mengenalkan medali yang akan dipakai pada ajang empat tahunan tersebut, Rabu (25/7). Pihak panitia mengklaim medali tersebut menjadi yang paling ramah lingkungan sepajang sejarah.

Seperti dilansir BBC, sekitar 32 kilogram emas diekstraksi dari 6,2 juta ponsel bekas yang disumbangkan masyarakat Jepang dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga:

Misi Honda DBL 2019 Kembangkan Basket di Indonesia

Ulang Tahun ke 15, DBL Indonesia Siapkan Program Baru Bersama Augie Fantinus

Selain itu, Jepang juga melakukan proses daur ulang 3,5 ton perak dan 2,2 ton perunggu untuk membuat 5.000 medali Olimpiade dan Paralimpiade.

Sebetulnya, pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, panitia juga menyisipkan unsur daur ulang, tetapi tidak sebanyak pada Olimpiade Tokyo 2020.

Untuk desain, dewa kemenangan yang menjadi simbol Olimpiade tetap ada. Namun, tuan rumah berhak membuat desain bagian belakang.

Menurut pihak penyelenggara, desain bagian belakang medali Olimpiade melambangkan keberagaman dan dunia di mana orang-orangnya yang berkompetisi di olahraga dan bekerja keras mendapat penghormatan.*