Membayangkan MotoGP Rendah Emisi

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 30 Desember 2021
Membayangkan MotoGP Rendah Emisi

BolaSkor.com - Rencana Dorna mengubah motor MotoGP menjadi lebih hijau di musim 2024 menimbulkan reaksi dari para petinggi tim. Mereka memberikan respon positif atas keputusan itu.

MotoGP musim 2024 mendatang akan menjadi pengalaman baru bagi tim-tim MotoGP. Pasalnya Dorna memutuskan untuk menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, dengan rincian 40% terbuat dari bahan yang dapat diperbarui.

Nantinya di musim-musim selanjutnya secara bertahap Dorna akan kembali meningkatkan persentase penggunaan bahan bakar ramah lingkungan hingga mencapai 100%. Langkah ini dilakukan agar MotoGP dapat meninggalkan penggunaan bahan bakar fosil.

Keputusan ini menimbulkan reaksi positif dari para petinggi tim MotoGP. Mereka mengaku sangat antusias dengan adanya perubahan kebijakan itu.

“Kita bersama-sama memutuskan untuk menggunakan bahan bakar yang dapat diperbarui. Nantinya musim 2027 kami hanya akan menggunakan bahan bakar tersebut,” jelas Stefan Pierer selaku CEO KTM, dikutip dari tuttomotoriweb.

Baca Juga:

Yamaha Sempat Punya Dosa ke Valentino Rossi

Ducati Berharap Banyak ke Jack Miller

Hal senada juga diungkapkan boss Tech3, Herve Poncharal. Menurut Herve penggunaan bahan bakar ramah lingkungan di dunia MotoGP memberikan dampak positif karena mampu membantu melindungi lingkungan.

“Seluruh dunia berpikir bagaimana melanjutkan hidup dengan cara efisien dan juga melindungi lingkungan. MotoGP telah mengambil langkah drastis untuk menciptakan paddcok yang lebih ramah lingkungan,” tutur Herve.

“Kaleng alumunium dan botol plastik didaur ulang. Kita juga membuat makanan berlebih bagi mereka yang membutuhkan,” tambahnya.

Lin Jarvis dan Alberto Puig juga mengapresiasi kebijakan Dorna. Meskipun sulit dilakukan, petinggi Yamaha dan Honda itu tetap menyetujui rencana Dorna untuk mengubah MotoGPmenjadi lebih hijau.

“Banyak perusahaan di dunia mengincar masa depan yang bebas dari karbon. Dalam konteks ini Yamaha juga melakukannya. Kita memiliki rencana ke depannya. Sangat logis lakukannya juga memiliki rencana sendiri untuk mengadaptasikannya di masa depan,” jelas Jarvis.

“Kita sudah melakukan uji coba teknologi ini di MotoGP. Ke depannya juga akan hadir di berbagai area. MotoGP merupakan kompetisi terbaik diantara balap motor lain. Pihak lain bisa mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang di dapat di MotoGP,” timpal Puig.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp MotoGP 2021
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan