Menpora Ingin PSSI Cari Jalan Akhiri Dominasi Striker Asing di Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 16 Juni 2020
Menpora Ingin PSSI Cari Jalan Akhiri Dominasi Striker Asing di Liga 1
Menpora, Zainudin Amali (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), ZainudinAmali, sangat menyayangkan dominasi para striker asing di Liga 1 2020. Untuk itu, ia meminta PSSI mencari jalan bagaimana mengatasi hal tersebut.

Di antaranya meningkatkan kualitas kompetisi pembinaan usia muda atau Elite Pror Academy (EPA) yang sudah berjalan. Bahkan, mengatur regulasi agar striker lokal bisa unjuk gigi mendapatkan jam terbang lebih di klub.

"Saya melihat atau berdasarkan pengamatan saya, harus sampaikan sangat susah kita mencari pemain depan kita. Karena rata-rata klub lebih mempercayakan pemain depan ke pemain asing," ujar Zainudin Amali dalam rapat virtual bertajuk Kongkow Liga Berjenjang Kemenpora.

"Ke depan harus kita atur, pemain kita harus jadi pemain inti baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, di luar itu (pemain asing) untuk transfer pengetahuan mereka supaya profesionalisme anak-anak kita terpacu," tambahnya.

Baca Juga:

PSSI Minta Kemenpora agar Lapangan ABC Tidak Disewakan untuk Umum demi Persiapan Piala Dunia U-20

PSSI Buka Peluang Naturalisasi Pemain Muda untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia U-20

Sejak era Liga 1, dominasi striker asing sangat kental. Bisa dilihat dari dua top skorer Liga 1 2017-2019 yang dikuasai pemain asing.

Liga 1 2017 ada Sylvano Comvalius yang mengemas 37 gol bersama Bali United. Bahkan, striker asal Belanda itu memecahkan rekor top skorer sepanjang masa dalam satu musim milik legenda Bandung Raya, Peri Sandria pada Liga Indonesia 1994/1995.

Lalu Aleksandar Rakic (Serbia) yang menjadi top skorer Liga 1 2018 dengan raihan 21 gol bersama TIRA-Persikabo. Disusul Marko Simic (Kroasia) bersama Persija Jakarta yang menjadi top skorer Liga 1 2019 dengan raihan 28 gol.

Terakhir kali striker lokal yang menyandang gelar top skorer adalah Boaz Solossa pada Indonesia Super League (ISL) 2013. Saat itu, Boaz mengemas 25 gol untuk Persipura Jayapura.

Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali Liga 1 Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.072

Bagikan