PSSI Buka Peluang Naturalisasi Pemain Muda untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia U-20

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 12 Juni 2020
PSSI Buka Peluang Naturalisasi Pemain Muda untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia U-20
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Progam naturalisasi sudah terjadi di Timnas Indonesia sejak 12 tahun ke belakang. Namun pro dan kontra terhadap progam naturalisasi masih terjadi hingga saat ini.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memiliki pandangan tersendiri dengan progam naturalisasi bagi Timnas Indonesia. Menurutnya, naturalisasi dinilai tepat dengan beberapa syarat ketentuan. Salah satunya umur sang pemain.

"Dalam rapat terbatas (Ratas) bersama pak Presiden Jokowi, beliau mengatakan kenapa tidak melakukan naturalisasi pemain? Lalu saya bilang, saya tidak alergi dengan naturalisasi. Tetapi kalau naturalisasi datangnya dari umur 37, kemudian dari sana dia hanya bermain di kasta ketiga, keempat untuk apa," kata Iriawan dalam Webinar yang diselenggarakan LPEM FEB Universitas Indonesia.

"Tetapi kalau mungkin nanti naturalisasi, siapa tahu ada yang umur 19. Kalau memang dia pemain yang bagus, kemudian mudah prosesnya, tidak memberatkan PSSI, itu akan kami pertimbangkan," tambahnya.

Baca Juga:

PSSI Minta Timnas Indonesia U-19 Segera TC di Jakarta, Shin Tae-yong Beri Respons

PSSI Targetkan Timnas Indonesia U-20 Lolos Fase Grup Piala Dunia U-20 2021

Iriawan juga tidak menampik bakal melakukan naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19/U-20 demi Piala Dunia U-20 2021. Pasalnya, Piala Dunia U-20 menjadi momen emas bagi pencinta sepak bola Indonesia untuk melihat Timnas Indonesia berprestasi.

Apalagi, PSSI saat ini memantau beberapa pemain muda keturunan Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Meski para pemain muda tersebut belum memiliki kewarganegaraan Indonesia.

"Bahkan sejak republik ini berdiri, baru sekali ini. Oleh sebab itu, kita harus sukseskan penyelenggaraannya dan Timnasnya juga berprestasi," ujar Iwan Bule.

"Untuk itu, saya ingin cetak Timnas yang tangguh. Semua sumber daya yang ada saya kerahkan dengan jaringan yang ada, untuk kemajuan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Mochamad Iriawan Komjen Pol Mochamad Iriawan Pssi Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan