Menpora Jamin Pemerintah Tak Intervensi soal Lanjutan Liga 2

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 30 Januari 2023
Menpora Jamin Pemerintah Tak Intervensi soal Lanjutan Liga 2
Pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan klub-klub Liga 2. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, menjamin pemerintah tidak akan melakukan intervensi terkait kelanjutan Liga 2 musim ini.

Hal ini dikatakan Menpora Zainudin Amali setelah menerima audiensi perwakilan klub-klub Liga 2 dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (30/1).

Mereka melaporkan hasil Owner's Meeting dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI yang berlangsung Selasa (24/1), yang menyepakati bahwa nasib kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu akan diserahkan ke pengurus baru PSSI yang akan dipilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 16 Februari mendatang.

"Posisi pemerintah itu mencari jalan keluar. Kalau diminta bantuan, kami akan bantu. Kalau minta difasilitasi, akan kami fasilitasi. Tapi tidak intervensi," kata Menpora Zainudin Amali.

"Sebab apa yang sudah jadi keputusan dalam pertemuan antara klub-klub Liga 2 dan PSSI dengan LIB, kami terima saja. Kami tidak bisa paksakan misalnya besok harus ada kompetisi, tapi pada kepengurusan baru nanti kami akan beri tahu nanti bahwa ini lho catatan yang ditinggalkan dan harus dilaksanakan."

Baca Juga:

Pernyataan Sikap PSBS Biak soal Rencana Liga 2 Dilanjutkan Usai KLB

Persipura Ungkap 15 Klub yang Ingin Liga 2 Lanjut dan 9 Klub Menolak, Berikut Daftarnya

Nasib Liga 2 2022/2023 Ditentukan di KLB PSSI

"Apabila butuh dukungan, kita dukung. Apabila butuh difasilitasi, kami fasilitasi. Jadi sudah clear, kelanjutannya [Liga 2] tunggu setelah KLB," tutur Amali.

Sementara itu manajer Persipura Jayapura Yan Permenas Mandenas, menyambut baik dukungan dan komitmen dari pemerintah melalui Menpora Zainudin Amali. Sebab, kata Yan, mayoritas klub ingin supaya Liga 2 musim ini dilanjutkan.

"Kami meminta pak menteri kepastian dan jaminan agar Liga 2 dilanjutkan selesai KLB sesuai pernyataan Sekjen PSSI dan Dirut LIB pasca Owners Meeting. Siapa pun ketum terpilih harus berkomitmen melanjutkan Liga 2 sebagai bentuk konsistensi karena Liga 1 berjalan dan Liga 3 juga sudah berjalan."

"Ada win-win solution yang sudah disampaikan ke LIB dan kami harapkan pemerintah terus memediasi klub-klub Liga 2 dan APPI karena ini jadi harapan dan tumpuan bagi setiap pemain dan keluarganya," tutur Yan.

Pssi Menpora Zainudin Amali KLB PSSI Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan