Menpora Percepat Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat demi Kualifikasi Piala Asia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 03 Maret 2022
Menpora Percepat Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat demi Kualifikasi Piala Asia
Menpora Zainudin Amali dan pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, menegaskan berjanji mempercepat proses naturalisasi pemain keturunan, demi bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang.

Saat ini, proses naturalisasi pemain keturunan yang dokumennya sudah masuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Nantinya setelah dari Kemenpora, berkas keduanya masuk ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Di Kemenkumham akan dicek latar belakang para pemain tersebut, soal kemungkinan hal-hal di luar ranah sepak bolanya. Baru setelah itu persetujuan DPR Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sedangkan Shayne Pattynama, dokumenya tengah dalam tahap pengumpulan oleh tim legal PSSI. Satu nama pemain keturunan lainnya yang akan dinaturalisasi masih digodog. Antara Emil Audero Mulyadi atau Jordy Wehrmann.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Panggil Pemain dari Luar Negeri demi Medali Emas SEA Games

Skuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 Didominasi Pemain SEA Games

"Administrasi tinggal kami lengkapi dan kami, kan sudah rakor dengan ketum PSSI, begitu selesai administrasinya langsung diproses," kata Zainudin Amali di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (2/3).

“Kami harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tak bisa main. Jadi kami sudah kebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin,” samnbungnya.

PSSI memang menargetkan Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, 8-14 Juni 2022 mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

"Intinya, pasti kita percepat targetnya. Itu saja secepat mungkin," pungkas Menpora Zainudin Amali.

Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali Sandy Walsh Jordi Amat Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Asia 2023 Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.151

Bagikan