BolaSkor.com - NBA akan segera menjalani play-off dalam waktu dekat. Menyambut kembalinya kompetisi basket paling bergengsi di dunia itu, mari mengenang tiga tembakan yang mengubah jalannya pertandingan final.

Final NBA merupakan panggung terbesar bagi para pebasket. Biasanya mereka bakal habis-habisan bertanding pada laga puncak kompetisi tersebut.

Tak jarang akhirnya muncul tembakan-tembakan yang menghasilkan sejarah di NBA. Sejumlah tembakan tidak bisa terlupakan saking ikoniknya.

Contohnya adalah tembakan Michael Jordan pada laga keenam final NBA 1998. Saat itu, Chicago Bulls berhadapan dengan Utah Jazz dengan segala ketidakpastian.

Baca Juga:

Los Angeles Lakers Dituding Sudah Latihan Diam-diam Sejak Lama

Pemilik Dallas Mavericks Minta NBA Izinkan Pemain Berlutut

Phil Jackson sudah hampir pasti mundur sebagai pelatih Bulls. Pada saat yang sama, hubungan Scottie Pipen dengan manajemen sudah memburuk dan Jordan bakal mengumumkan pensiun.

Menjelang pertandingan, Bulls tidak pernah menelan kekalahan pada final NBA. Namun, mereka berpeluang harus terpaksa memainkan laga ketujuh ketika John Stockton membuat Jazz unggul 86-83.

Di sinilah kehebatan Jordan terlihat. Pertama, dia mengalahkan Bryon Russel dan melakukan layup sehingga Bulls mempertipis ketinggalan menjadi 85-86.

Kemudian, di sisa 10 detik, Jordan membuat Russell kehilangan keseimbangan serta melewatinya. Lalu ketika waktu tinggal menyisakan 5,2 detik Jordan melakukan tembakan yang membuat Bulls menang.

Kehebatan Jordan memang bukanlah sesuatu yang baru. Namun, itu bukan satu-satunya tembakan bersejarah di NBA. Berikut ini adalah tiga tembakan bersejarah lain: