BolaSkor.com - Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, menjadi pemenang pada MotoGP Catalunya, Minggu (27/9). Rider asal Prancis itu menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 40 menit 33,176 detik.

Adapun posisi kedua ditempati rider Suzuki Ecstar, Joan Mir. Sementara rekan setim Mir, Alex Rins, melengkapi tiga besar.

Nasib sial dialami Andrea Dovizioso saat balapan baru memasuki tikungan kedua. Rider Ducati itu langsung keluar dari balapan setelah bersenggolan dengan Johann Zarco.

Situasi itu membuat Dovizioso dipastikan lengser dari pemuncak klasemen sementara. Apalagi, saat Dovizioso terjatuh, Quartararo ada di posisi ketiga.

Trio Yamaha, Morbidelli, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo memertahankan posisi mereka dari start. Rossi menyodok saat balapan dimulai dan mengambil alih posisi Quartararo.

Namun, situasi itu tidak bertahan lama. Quartararo kembali menyalip Rossi dan menempati posisi kedua.

Baca Juga:

Valentino Rossi Ingin Ulangi Juara bersama Tim Satelit

Lama Tertunda, Valentino Rossi Akhirnya Resmi Gabung Petronas Yamaha

Setengah balapan berlangsung, trio Yamaha masih nyaman di urutan depan. Perlahan, Quartararo mulai menipiskan selisih waktu dengan Morbidelli.

Quartararo pada akhirnya berhasil menyalip Morbidelli saat balapan menyisakan 12 lap. Rider berusia 21 tahun itu kini memimpin balapan.

Sial bagi Morbidelli, tak lama setelah disalip Quartararo, ia melakukan kesalahan dan melebar. Situasi itu dimanfaatkan Rossi untuk merebut posisi kedua.

Akan tetapi, nasib lebih sial justru menimpa Rossi. Saat balapan menyisakan delapan lap lagi, The Doctor justru tergelincir dari motornya.

Rossi kembali kehilangan kesempatan merebut podium ke-200 dalam kariernya. Dengan ini, rider asal Italia itu sudah dua balapan beruntun tidak mendulang poin.

Saat Rossi terjatuh, perubahan posisi terjadi antara Jack Miller dengan Mir. Rider Suzuki itu menyalip Miller dengan manis untuk merebut posisi ketiga.

Di lima lap terakhir, Quartararo tanpa gangguan di posisi terdepan. Sementara Mir, mencoba mengancam Morbidelli untuk merebut podium kedua.

Usaha Mir membuahkan hasil, saat balapan menyisakan dua lap, ia berhasil menyalip Morbidelli. Mir menenpati posisi kedua, adapun Quartararo tetap memimpin balapan.

Morbidelli sempat mendapat perlawanan dari Alex Rins di dua lap terakhir. Petaka bagi Morbidelli, ia tidak bisa memertahankan posisinya dan harus merelakan podium jatuh ke Rins.

Hasil MotoGP Catalunya 2020:

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)

2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

3 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

4 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

5 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

6 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)

7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

8 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

9 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

10 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)

11 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

12 Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

13 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

14 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)

15 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)

16 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

17 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)