BolaSkor.com - Keajaiban yang ditampilkan Marc Marquez pada MotoGP Jerman, Minggu (20/6) tidak hanya membuat rekan dan rivalnya berdecak kagum. Dunia medis juga tampaknya terkejut dengan pencapaian tersebut.

Hal ini diutarakan mantan dokter MotoGP sekaligus pencetus Clinica Mobile, dr. Claudio Costa. Dia menilai apa yang ditunjukkan Marquez pada saat itu benar-benar sebuah mukjizat.

“Keajaiban manusia telah muncul di bawah langit Jerman. Setelah 500 hari, Marc Marquez berhasil meraih kemenangannya,” ucap Costa dikutip dari tuttomotoriweb.it.

dr. Costa menilai bahwa ini menjadi penampilan terbaik yang ditampilkan Marquez. Dengan keadaannya yang terbilang parah, The Baby Alien justru mampu mengalahkan para pembalap yang memiliki fisik bugar.

“Cedera, bagian tulang yang patah, infeksi, dan juga penderitaan memang tidak dapat dilupakan. Namun, Marquez mampu mengubahnya menjadi sebuah kesadaran dan juga anugerah yang dapat diinterpretasikan lewat balapan tersebut,” jelas Costa.

Baca Juga:

Maverick Vinales Bagai Anak Tiri di Yamaha

Valentino Rossi Jengkel Ditanya soal Pensiun

“Bahkan faktanya performa Marquez di penghujung lap tidak menurun. Sebaliknya dia justru mampu mengalahkan Oliveira yang saat itu dalam keadaan sehat,” sambungnya.

dr. Costa juga menilai bahwa adanya bantuan semangat dari rekan-rekannya juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan Marquez. Hal ini membuat keyakinan Marquez terhadap diri sendiri semakin meningkat. Alhasil dia berani mengambil risiko yang ada.

“Saat diinterview oleh reporter Marquez pernah bilang bahwa dirinya sempat berbicara lama di Mugello dengan Mick Dohan mengenai pengalamannya saat mengalami cedera di Assen pada 1992. Saat itu Mick Dohan mengambil resikokehilangan kaki bahkan nyawanya untuk dapat meraih juara. Saya rasa Marquez belajar bahwa cedera bisa berubah menjadi anugerah,” tutur Costa.

Penulis: Bintang Rahmat