BolaSkor.com - Skuat Australia untuk menghadapi Timnas Indonesia U-23 sudah diketahui. Federasi Sepak Bola Australia merilis 21 pemain yang akan diandalkan dalam dua pertemuan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 27 dan 30 Oktober di Tajikistan.

Di antaranya merupakan eks pemain Timnas U-16 atau U-17 Australia yang tampil di Piala Asia U-16 2018 dan Piala Dunia U-17 2019, seperti Jordan Bos, Noah Botic, Jordan Courtney-Perkins, Luke Duzel, Adam Pavlesic.

Beberapa di antaranya tentu dikenal publik sepak bola Indonesia, karena pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia U-16 era Bagus Kahfi di perempat final Piala Asia U-16 2018. Dalam pertemuan itu, Australia menang 3-2 dan menghentikan Indonesia. Australia yang lolos ke semifinal sekaligus memastikan tiket ke Piala Dunia U-17 2019.

Baca Juga:

Australia Rilis 21 Pemain untuk Hadapi Timnas Indonesia U-23

Australia Jadi Lawan Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi: Bukan Mustahil

Salah satunya adalah Noah Vinko Botic. Di Piala Asia U-16, Noah Botic tampil brilian. Ia juga mencetak satu gol saat menundukkan Timnas Indonesia U-16.

Total enam gol dibuat dan menjadikannya top skorer bersama Shoji Toyama (Jepang) dan Luqman Hakim (Malaysia).

Noah Botic juga tampil baik di Piala Dunia U-17. Empat gol dicetak dan turut membantu Australia U-17 melenggang sampai 16 besar sebelum ditundukkan Prancis 0-4.

Kegemilangan termasuk di tim U-18 Rockdale City membuat dilirik sejumlah klub Eropa pasca Piala Dunia U-17.

Noah Botic menjalani trial di Manchester United dan mencetak gol dalam kemenangan 4-0 melawan Newcastle dan disebut mendapatkan minat dari Bayern Muenchen, termasuk Everton sebelum dirinya bergabung ke Hoffenheim (Jerman).

Di Hoffenheim, Noah Botic mulai dibandingkan dan dianggap sebagai penerus legenda Australia Mark Viduka. Noah Botic dinilai punya sentuhan cekatan yang serupa dan finishing yang tepat meski tinggi dan berat badannya lebih kecil dari Viduka.

Botic mencetak tiga gol dalam tujuh laga sebelum menderita cedera yang mengganggu kariernya. Terbaru Noah Botic resmi bergabung ke klub A-League, Western United (Australia) pada Agustus 2021.