Nostalgia - Ketika Wakil Brasil Buyarkan Mimpi Chelsea Jadi Juara Dunia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 11 Februari 2022
Nostalgia - Ketika Wakil Brasil Buyarkan Mimpi Chelsea Jadi Juara Dunia
Chelsea gagal menjuarai Piala Dunia Antarklub 2012. (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah trauma menghantui Chelsea jelang berhadapan dengan Palmeiras pada final Piala Dunia Antarklub 2021. The Blues punya pengalaman buruk saat jumpa wakil Brasil.

Duel Chelsea kontra Palmeiras akan berlangsung di Mohammed Bin Zayed Stadium, Sabtu (12/2) pukul 23.30 WIB. Status sebagai juara dunia menjadi taruhannya.

Chelsea tentu lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Selain punya materi pemain yang lebih baik, tradisi wakil Eropa lebih baik pada ajang Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:

Piala Dunia Antarklub 2021: Chelsea Pikul Beban Berat

Piala Dunia Antarklub 2021: Lukaku Antar Chelsea ke Final

Piala Dunia Antarklub 2021: Cara Tuchel Tangani Chelsea dari Jarak Jauh

Sejak digelar pada tahun 2000, wakil Eropa telah 12 kali keluar sebagai juara. Sementara wakil Amerika Selatan hanya empat kali berjaya.

Meski begitu, bukan berarti Chelsea bisa mengalahkan Palmeiras dengan mudah. Pengalaman sembilan tahun lalu menjadi pelajaran berharga bagi klub asal London tersebut.

Chelsea memang sudah ambil bagian pada Piala Dunia Antarklub edisi 2012 di Jepang. Saat itu merupakan partisipasi perdana mereka.

Namun ambisi Chelsea untuk beraya di turnamen ini berakhir tragis. Tim asuhan Rafael Benitez harus mengakui keunggulan Corinthians dengan skor tipis 1-0.

Mirip dengan situasi sekarang, Chelsea juga berstatus unggulan pada saat itu. Deretan bintang seperti Frank Lampard, Juan Mata, Fernando Torres, hingga Eden Hazard membuat tim milik Roman Abramovich tersebut sangat menakutkan.

Chelsea pun mampu mendominasi jalannya laga. Fernando Torres, Victor Moses, dan Juan Mata sempat mendapat peluang emas pada babak pertama.

Namun ketangguhan Cassio di bawah mistar gawang Corinthians membuat semua peluang emas Chelsea gagal menjadi gol. Skor 0-0 menutup laga babak pertama.

Usai turun minum, jalannya laga tak jauh berbeda. Chelsea masih mendominasi, sedangkan Corinthians mengandalkan serangan balik.

Proses gol kemenangan Corinthians yang dicetak Paulo Guerrero.

Petaka bagi Chelsea datang pada menit ke-69. Corinthians mampu mencuri gol melalui sundulan Paulo Guerrero memanfaatkan kemelut di depan gawang Petr Cech.

Gol tersebut membuat para pemain Chelsea panik. Permainan mereka tak banyak berkembang untuk membongkar rapatnya pertahanan Corinthians.

Skor 1-0 untuk kemenangan Corinthians akhirnya bertahan hingga laga usai. Chelsea pun kembali ke Inggris dengan tangan hampa.

Cesar Azpilicueta menjadi satu-satunya nama yang tersisa dari skuat Chelsea tahun 2012. Pemain yang kini menjabat sebagai kapten itu tentu tidak mau gagal untuk kali kedua.

Susunan Pemain

Chelsea: Cech; Ivanovic, Cole, Luiz, Cahill; Ramires, Lampard, Mata, Moses, Hazard; Torres.

Corinthians: Cassio; Alessandro, Chicao, Fabio Santos, Benini; Ralf, Paulinho, Danilo; Guerrero, Emerson, De Souza.

Chelsea Piala dunia antarklub Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan