BolaSkor.com - Piala Tiger 1998 diselenggarakan di Vietnam dari tanggal 26 Agustus hingga 5 September 1998. Piala Tiger 1998 masih menggunakan home tournament.

Peserta kali ini hanya diikuti 8 negara. Masing-masing empat negara masuk ke dalam babak penyisihan grup yang dikategorikan sebagai Grup A dan B.

Grup A ada Thailand, Indonesia, Myanmar, dan Filipina. Sedangkan Grup B dihuni oleh Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Laos.

Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam lolos secara langsung. Sedangkan Laos, Myanmar, Filipina, dan Singapura lolos bersaing dari babak kualifikasi melawan Kamboja serta Brunei Darussalam.

Skuat Garuda berbeda dari edisi sebelumnya, dengan masuknya nama seperti Mursyid Effendi, Hartono, Imam Riyadi, Mirobaldo Bento, Alex Pulalo, Kuncoro, Uston Nawawi, Nur Alim, Hendro Kartiko.

Timnas Indonesia membuka kiprah dengan kemenangan 3-0 atas Filipina lewat gol Widodo C. Putro, Bima Sakti, dan Uston Nawawi. Itu sebelum mengalahkan Myanmar 6-2 melalui gol Aji Santoso, Widodo, Bima Sakti, Mirobaldo, dan dua gol bunuh diri pemain Myanmar.

Skuat Garuda bertemu dengan Thailand di laga ketiga sekaligus penentuan status lolos dari fase grup. Sebelum laga digelar 31 Agustus 1998, Thailand mengoleksi empat poin atau berselisih dua poin dari Indonesia, hasil imbang 1-1 kontra Myanmar dan kemenangan 3-1 atas Filipina.

Baca Juga:

Malaysia Sadar Keseriusan Pesaing di Piala AFF Termasuk Timnas Indonesia

Nostalgia Piala Tiger 1996 - Timnas Indonesia Keempat, Thailand Juara

Piala Tiger 1998
Video gol sepak bola gajah Mursyid Effendi di Piala Tiger 1998. (YouTube)

Laga ini memunculkan sepak bola gajah. Hal tersebut menyusul ketidakinginan Indonesia dan Thailand untuk menang.

Kemenangan berarti menjadi juara grup sekaligus bertemu tuan rumah Vietnam yang berstatus runner-up Grup B. Vietnam yang mengakhiri fase grup 30 Agustus dikhawatirkan setelah tampil garang.

Timnas Indonesia unggul lebih dulu melalui gol Mirobaldo Bento pada menit ke-52. Kedudukan disamakan Kritsada Piandit pada menit ke-62 sebelum Indonesia unggul lagi melalui gol Aji Santoso pada menit ke-84. Therdsak Chaiman membuat skor menjadi 2-2 melalui gol pada menit ke-86.

Terlihat makin aneh ketika Mursyid Effendi menendang bola ke dalam gawang sendiri pada menit ke-90, yang membuat Indonesia kalah 2-3. Mursyid Effendi tampak bertepuk tangan usai membuat gol bunuh diri. Ia akhirnya dihukum FIFA larangan bermain seumur hidup.

Thailand yang menjadi juara Grup A kalah dari Vietnam di semifinal dengan skor 0-3. Adapun Indonesia ditekuk juara Grup B Singapura 1-2.

Indonesia menjadi peringkat ketiga setelah mengalahkan Thailand 3-3 (5-4 pen). Sedangkan gelar juara diraih Singapura lewat kemenangan 1-0 atas Vietnam.

Piala Tiger 1998
Timnas Indonesia Vs Thailand di Piala Tiger 1998. (AFF)

Babak Penyisihan:

Grup A:

Thailand: 7 poin dari 3 Laga
Indonesia: 6 poin dari 3 Laga
Myanmar: 4 Poin dari 3 Laga
Filipina: 0 Poin dari 3 Laga

Indonesia 3-1 Filipina
Thailand 1-1 Myanmar
Thailand 3-1 Filipina
Indonesia 6-2 Myanmar
Myanmar 5-2 Filipina
Thailand 3-2 Indonesia

Grup B:

Singapura: 7 Poin dari 3 Laga
Vietnam: 7 Poin dari 3 Laga
Malaysia: 1 Poin dari 3 Laga
Laos: 1 Poin dari 3 Laga

Singapura 2-0 Malaysia
Vietnam 4-1 Laos
Malaysia 0-0 Laos
Vietnam 0-0 Singapura
Singapura 4-1 Laos
Vietnam 1-0 Malaysia

Semifinal:

Vietnam 3-0 Thailand
Singapura 2-1 Indonesia

Perebutan Tempat Ketiga:

Thailand 4 (3-3) 5 Indonesia

Final:

Singapura 1-0 Vietnam

Top Skorer: Myo Hlaing Win (Myanmar) - 4 Gol