BolaSkor.com - Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 tidak akan main-main dalam menegakkan protokol kesehatan. Tidak ada kata kompromi bagi berbagai pihak yang melanggar.

Usai menyelenggarakan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Jepang justru harus dihadapkan dengan lonjakkan kasus baru terkait penularan virus Covid-19. Hal ini tentunya sangat krusial mengingat Olimpiade baru saja dimulai.

Tidak main-main, lonjakkan yang terjadi cukup signifikan.Berdasarkan informasi dari insidethegames.biz, tercatat muncul 1.979 kasus baru hanya dalam waktu 24 jam. Kenaikan yang sangat tinggi sejak Januari 2021.

Tsuyoshi Iwashita selaku kepala keamanan Olimpiade Tokyo 2020 menegaskan kepada semua pihak agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah diberikan. Tidak peduli apakah orang tersebut adalah pihak ofisial, atlet, atau masyarakat yang sudah terakreditasi Komite Olimpiade Internasional.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Rio Waida, Merah Putih, dan Negeri Kelahiran

Lewat Doodle, Google Ingin Olimpiade Tokyo 2020 Lebih Meriah

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberitahukan kepada semua orang yang berada di dalam event ini untuk mematuhi peraturan yang ada. Semua orang yang melanggar peraturan akan ditahan akreditasinya atau diberikan peringatan,” ujar Iwashita.

Sebagai catatan, sebelumnya pihak Olimpiade Tokyo 2020 telah menjalin kerjasama dengan masyarakat Jepang untuk turut membatu menegakkan peraturan ini. Salah satunya dengan berperan sebagai pengawas lapangan.

Dalam hal ini mereka dapat memfoto orang-orang yang terrakreditasi saat kedapatan melanggar peraturan. Kemudian foto tersebut dapat dibagikan lewat media sosial yang tersedia. Melalui cara ini, Jepang yakin dapat lebih memaksimalkan peraturan yang ada.

“Ketika kami mengidentifikasi pelanggar ini, kami mencoba secepat dan semampu kami. Terkadang kami harus memperlakukan mereka dengan benar,” tutur Iwashita.

Penulis: Bintang Rahmat