Olimpiade Tokyo 2020: Tembok antara Pria dan Wanita Mulai Luntur

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 01 Agustus 2021
Olimpiade Tokyo 2020: Tembok antara Pria dan Wanita Mulai Luntur

BolaSkor.com - Isu persamaan gender yang semakin merebak turut memengaruhi dinamika pertandingan dalam dunia olahraga. Semakin banyak cabang olahraga yang memutuskan untuk mempertandingkan nomor gender campuran.

Hal ini dibuktikan pada Olimpiade Tokyo 2020. Setidaknya pada event tersebut, terdapat 18 pertandingan gender campuran di beberapa cabang olahraga. Di antaranya seperti panahan, atletik, badminton, equestrian, judo, berlayar, renang, tenis meja, tenis, dan triathlon.

Bahkan beberapa cabang olahraga lainnya seperti menembak, kano, dayung, dan angkat beban secara perdana mempertandingkan nomor gender campuran di Olimpiade Tokyo 2020.

Direktur Olahraga Komite Olimpiade Internasional (IOC), Kit McConnell mengatakan keberadaan nomor gender campuran ini dapat membawa aura positif kepada para atletnya. Sebab tidak ada lagi diskriminasi sosial antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:

Klasemen Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Tertinggal dari Filipina dan Thailand

Menpora Bicara tentang Bonus Olimpiade Tokyo

“Event gender campuran sangat penting karena merepresentasikan persamaan derajat antara atlet laki-laki dan perempuan dalam permainan,” jela Kit dikutip dari olympics.com.

“Tidak ada yang lebih setara dibandingkan saat laki-laki dan perempuan berada dalam tim yang sama di satu lapangan dan mempertunjukkan performanya,” tuturnya.

Di sisi lain, keberadaan nomor gender campuran yang semakin banyak turut memberikan hal positif terhadap penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Sebab melalui hal tersebut, Olimpiade Tokyo 2020 mampu membuktikan diri sebagai event paling adil dalam sejarah Olimpiade selama ini.

Sebagai informasi, pertandingan gender campuran sebelumnya sudah pernah ditampilkan dalam inagurasi Youth Olympic di Singapura pada 2010 lalu. Dari acara ini, beberapa pertandingan akhirnya diperkenalkan dalam ajang Olimpiade.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan