BolaSkor.com - Kelangsungan liga-liga top Eropa musim 2019-20 kian berada dalam ketidakpastian seiring masih belum terkendalinya penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satu legenda sepak bola Italia, Fabio Cannavaro, bahkan ragu kompetisi musim ini dapat dilanjutkan.

Hampir seluruh liga-liga top Eropa seperti Premier League, LaLiga, Serie A, serta Bundesliga terpaksa ditunda setelah tingkat penyebaran virus corona melonjak tajam di benua biru. Sempat ada wacana akan kembali digulirkan awal April, kini kompetisi-kompetisi tersebut kembali ditunda tanpa batas waktu yang pasti.

Hal serupa juga terjadi di ajang Liga Champions dan Liga Europa. UEFA bahkan harus menunda penyelenggaraan Piala Eropa 2020 karena alasan yang sama.

Baca Juga:

Serie A Terancam Rugi Belasan Triliun jika Kompetisi Dihentikan

Klub Gelar Latihan di Tengah Pandemi Virus Corona Disebut Tidak Masuk Akal dan Berbahaya

Dampak Pandemi Virus Corona, LaLiga Resmi Hentikan Kompetisi Tanpa Batas Waktu

Fabio Cannavaro

Konfederasi sepak bola Eropa itu menargetkan kompetisi yang tertunda tersebut dapat berakhir paling lambat 30 Juni mendatang. Namun keinginan itu lagi-lagi harus menunggu perkembangan virus corona.

"Dalam waktu kurang dari sebulan, tidak diketahui apa yang akan terjadi di dunia ini. Saya pikir akan memakan waktu lama agar virus ini berakhir di Italia dan Spanyol,” ujar Cannavaro dilansir dari COPE.

Italia kini menjadi negara di Eropa dengan Wabah Corona terbanyak. Hingga Rabu (25/03), jumlah pasien positif terinfeksi virus ini telah mencapai 69.176 orang.

"Akan sulit bagi sepak bola Eropa untuk kembali (dimainkan) sebelum musim berakhir," tambah pelatih klub China, Guangzhou Evergrande itu.

Penghentian kompetisi musim ini tentu akan membuat klub-klub mengalami kerugian yang tak sedikit. Hal ini juga membuat kacau jadwal kompetisi musim mendatang dan para wakil dari liga domestik di kompetisi Eropa musim depan.

Penulis: Taufik Hidayat