Pelatih Ansan Greeners Tegaskan Asnawi Bukan Sekadar untuk Pemasaran

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 28 Januari 2021
Pelatih Ansan Greeners Tegaskan Asnawi Bukan Sekadar untuk Pemasaran
Asnawi Mangkualam Bahar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Pelatih Ansan Greeners FC, Kim Gil-sik memastikan bahwa Asnawi Mangkualam Bahar bukan hanya sekadar untuk pemasaran. Asnawi direkrut klub kasta kedua atau K League 2 itu karena kebutuhan.

Seperti disampaikan pemimpin tim Ansan Greeners, Joo Chan-yong, bahwa Asnawi Mangkualam dikontrak selama satu tahun. Ada opsi perpanjangan satu tahun di musim berikutnya.

Itu sesuai keputusan tim pada 19 Januari. Keputusan semakin mantap dibuat menyusul rekomendasi manajer dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Dua Pemain Indonesia Bakal Trial di Klub Kasta Ketiga Korsel

Melihat Indonesia di Kota Ansan, Homebase Bakal Klub Asnawi Mangkualam

Menurut Shin Tae-yong, Asnawi merupakan pemain yang punya keinginan kuat, termasuk untuk terus belajar. Sebagai bek sayap yang juga bisa menjadi gelandang bertahan, Asnawi punya bertanggung jawab menjaga area dan memiliki mental bagus.

"Saya sudah menonton videonya beberapa kali. Saya sudah cukup sering berbicara dengan pelatih Shin (Tae-yong)," kata Kim Gil-sik dikutip dari MBC Sportsplus.

"Selain itu, Asnawi bukanlah pemain yang direkrut dengan tujuan pemasaran. Ia diputuskan bisa menjadi pemain yang dibutuhkan tim. Saya berharap ia bisa mengambil tantangan Ansan dengan pemain asing lain pada musim 2021," sambung Kim Gil-sik.

Perekrutan Asnawi oleh Serigala Hijau, julukan Ansan Greeners didahulu kebijakan yang dibuat K League. Pada April 2019, K League memutuskan mengadakan kuota ASEAN.

Setiap tim K League diperbolehkan merekrut lima pemain asing lewat penambahan kuota ASEAN sejak musim 2020. Skemanya yakni 3+1+1 atau tiga pemain asing dari negara manapun ditambah satu pemain Asia dan satu lagi pemain ASEAN.

Kebijakan ini menjadi bagian langkah K League memperluas pasar. "Kuota Asia Tenggara adalah dimensi untuk mencari keuntungan dari penyiaran dan sponsor, sehingga ada perluasan pasar luar negeri," kata K League pada 18 April 2019 seperti dikutip dari Sports Khan.

Asnawi Mangkualam Ansan Greeners FC Korea selatan Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan