Pelatih Barito Putera Tepis Anggapan Bergantung pada Pemain Bintang

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 20 Agustus 2019
Pelatih Barito Putera Tepis Anggapan Bergantung pada Pemain Bintang
Gelandang Barito Putera, Evan Dimas. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Yunan Helmi menjelaskan terkait penyebab dari performa tak menentu yang dialami Barito Putera. Ia bahkan buru-buru menepis anggapan bahwa tim asuhannya sangat bergantung kapada pemain berstatus bintang.

Seperti saat dijalankan Arema FC dengan skor 1-2 kemarin malam, bukan disebabkan oleh absennya Rafael Silva. Akibat kartu merah saat menghadapi PSM Makassar pekan lalu, striker andalan asal Brasil itu mesti absen di Stadion Kanjuruhan.

"Dengan atau tanpa peran Rafael, rencana tim ini selalu matang di setiap pertandingan. Dan melawan Arema, berjalan sesuai harapan saya," tutur pelatih Barito Putera, Yunan Helmi.

Baca Juga:

TIRA-Persikabo dan Arema FC Menang, Persipura Tahan Borneo FC

Rizky Pora Minta Maaf Usai Dicoret dari Timnas Indonesia

Indikasi pengaruh Rafael tidak lepas dari kurang maksimalnya penyelesaian akhir Barito Putera. Dari sekian banyak peluang, hanya tendangan Gavin Kwan yang menjadi satu-satunya gol ke gawang Arema FC.

"Kalau (pengaruh Rafael pada efektivitas lini serang) itu, bisa iya bisa juga tidak."

Pengganti Jacksen F.Tiago itu juga membeberkan alasan menarik Evan Dimas, di tengah upaya mengejar ketertinggalan dua gol lawan. Distributor bola yang sekaligus bintang Timnas Indonesia itu ditarik keluar pada menit 79, atau 4 menit setelah Gavin membalas dua gol Arema FC.

"Dalam sepak bola, kami tidak hanya memikirkan cara untuk menyerang, tapi juga bagaimana bertahan yang baik," ulas Yunan.

"Evan memang pengatur serangan kami. Tapi atas pertimbangan bertahan, maka kami tarik dan tidak masalah," pungkas pelatih kelahiran Lamongan, Jawa Timur tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Barito Putera Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan