Selebrasi Gol Frets Butuan ke Gawang Bali United yang Melawan Rasisme

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 26 Maret 2021
Selebrasi Gol Frets Butuan ke Gawang Bali United yang Melawan Rasisme
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (LIB)

BolaSkor.com - Selebrasi unik ditunjukan penyerang Persib Bandung, Frets Listanto Butuan bersama rekan setim. Itu terjadi saat pemilik nomor punggung 21 ini berhasil menjebol gawang Bali United di fase grup D Piala Menpora 2021, Rabu (24/3).

Pemain asal Ternate itu melakukan selebrasi dengan berlari ke tengah lapangan dan berlutut dengan mengepalkan tangan kanannya ke atas. Aksi itu diikuti pemain Persib lainnya.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan selebrasi itu bukan selebrasi khas Frest Listanto Butuan. Sebaliknya itu merupakan selebrasi tim Persib Bandung.

Baca Juga:

TIRA-Persikabo Layak Kalah dari PSIS Semarang

Arema FC Pasrah Targetnya Meleset Kontra Barito Putera

"Sebelum pertandingan kemarin, kami mendapat imbauan dari Organizing Comitte untuk tidak melakukan selebrasi gol dengan saling berpelukan karena situasi COVID-19. Turnamen ini digelar untuk mendapat izin dari polisi agar bisa menggelar Liga. Jadi kami membahas soal regulasi ini dengan tim, untuk mengikti aturan itu dan jangan ada selebrasi dengan berpelukan satu sama lain," ujar Robert Rene Alberts di Sleman, Yogyakarta, Kamis (25/3).

Selebrasi gol Frets Butuan. (Persib.co.id)

Selain itu, lanjutnya, selebrasi itu juga sebagai bentuk perlawanan timnya untuk memerangi rasisme yang sempat terjadi dan bahkan ramai di media sosial. Menurutnya aksi rasisme itu harus ditentang.

"Jadi kami juga membahas soal ini dan mengajukan kepada semua pemain, untuk merayakan gol secara terpisah-pisah, mengikuti aturan turnamen, tapi tetap dengan sukacita dan disaat yang sama menunjukkan bahwa kami juga menentang rasisme," tegasnya.

Pelatih asal Belanda ini memastikan selebrasi ini menjadi cara baru bagi timnya di Piala Menpora 2021. Tidak hanya mengikuti aturan karena pandemi COVID-19, namun juga untuk memerangi rasisme.

"Kombinasi dua faktor ini jadi cara baru Persib dalam merayakan gol, masih bersama-sama tapi kami membentuk lingkaran dengan salah satu pencetak gol duduk di satu titik dan meneriakkan, 'menang bersama," tegasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Piala menpora
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan