BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku sangat menantikan keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait nasib Liga 1 2020. Pasalnya penundaan kompetisi itu akan berakhir 29 Mei mendatang.

Pelatih asal Belanda ini berharap PSSI maupun PT LIB tetap pada keputusan awal. Yakni sesuai dengan surat yang dikeluarkan pada 27 Maret lalu.

Beberapa poin di surat keputusan bernomor 48/SKEP/III/2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, menyatakan bahwa PT LIB untuk dapat melanjutkan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terhitung setelah tanggal 1 Juli 2020.

Baca Juga:

Lebih dari 10 Ribu Penonton Hadir di Laga Kompetitif Pertama di Vietnam Pasca Pandemi Corona

Tak Bisa Mudik ke Garut pada Lebaran Tahun Ini, Beckham Putra: Silaturahmi Lewat Telepon Saja

"Kami berharap dan berpikir positif PSSI akan mengambil keputusan Liga akan dimulai kembali pada Juli, seperti yang tertuang dalam surat tertanggal 27 Maret," kata Robert saat dihubungi, Sabtu (23/5).

Namun, Robert Rene Alberts memahami keputusan kompetisi tergantung dari status bencana pandemi virus Corona (COVID-19) yang diterapkan pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Jika PSSI mengambil kesimpulan Liga akan berhenti, kami berharap ada kebaikan dari PSSI agar Liga tetap dilanjutkan nanti. Misalnya pada Agustus dan Liga bisa berlanjut hingga tahun depan antara bulan April atau Mei," tuturnya.

Robert Rene Alberts mengatakan keinginan untuk melanjutkan kompetisi ini dipastikan akan berpengaruh pada kualitas tim nasional. Sebab beberapa kejuaraan akan digelar pada Oktober.

"Ini bukan karena sebuah Liga, tapi kami melihat suatu gambar yang lebih besar, seperti kualitas dari tim nasional supaya pemainnya tetap kompetitif ketika bermain lagi Oktober nanti," jelas eks pelatih Arema dan PSM Makassar itu.

"Kami harus mempersiapkan pemain supaya mereka bisa mewakili Indonesia di AFC," tambahnya.

Karena itu, Robert berharap Liga 1 2020 bisa dilanjutkan pada Agustus dan berakhir pada April atau Mei 2021 mendatang. Lalu musim berikutnya, Indonesia bisa memainkan Liga sesuai dengan jadwal yang diterapkan di Eropa.

"Itu juga bisa membuka kesempatan pemain asing untuk datang ke Indonesia saat transfer window. Selain itu persiapan untuk tim nasional juga menjadi lebih bagus karena nantinya kami bisa lebih mengikuti aturan ketat soal kalender FIFA."

"Ada peraturan pemain harus memenuhi panggilan tim nasional dan Liga harus memberi jeda waktu supaya mereka punya waktu istirahat," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)