Pelatih Persib Singgung Liverpool Jelang Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 24 Agustus 2021
Pelatih Persib Singgung Liverpool Jelang Liga 1
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts meminta untuk tidak membandingkan Indonesia dengan negara lainnya terkait penyelenggaraan Liga di masa pandemi COVID-19. Seperti halnya Inggris.

Pelatih asal Belanda ini lantas mencontohkan Liverpool yang mendadak sulit meraih kemenangan meski bertindak sebagai tuan rumah. Pasalnya, pertandingan digelar tanpa dihadiri penonton.

"Mereka (Liverpool) sangat senang bermain di hadapan penonton yang fantastis. Mereka merasa nyaman bermain di depan penonton. Saya pernah beberapa kali datang ke stadion Liverpool, ketika duduk di antara suporter di sana, mereka sangat memahami sepak bola. Mereka bukan hanya melihat bagaimana tim menang dan mencetak gol, tapi juga melihat bagaimana tim itu bermain, itu budaya yang berbeda," ujar Robert Rene Alberts saat dihubungi.

Baca Juga:

Nadeo Tanggapi Keluarnya Izin Liga 1 dan Bali United Kontra Persik

Pelatih Persib Pentingkan Liga 1 Berjalan Dibanding Persiapan

Sementara di Indonesia, Robert menilai memiliki perbedaan budaya. Dimana para penonton hanya melihat bagaimana tim itu meraih kemenangan.

"Jadi, jika saya mengambil contoh, ketika mereka (Liverpool) bermain tanpa suporter, mereka mendapatkan hasil yang buruk, tidak terduga karena mereka merupakan juara bertahan. Sedangkan di Indonesia, kami bukan tidak bermain di depan penonton di GBLA, kami bermain setiap laga di luar Bandung, kami tidak bermain di kandang, tidak seperti Liga lain yang bermain di kandang tetapi tanpa penonton," katanya.

Karena itu, mantan pelatih Arema FC dan PSM Makassar ini menilai dampak dari tidak adanya suporter di lapangan adalah satu hal. Sedangkan hal lainnya yakni seluruh tim tidak akan bermain di kandangnya lantaran format bubble to bubble yang diterapkan di Liga 1 2021/2022.

"Jadi dilihat secara keseluruhan, situasi di Indonesia sangat berbeda jika dibandingkan dengan negara lain dan tidak ada yang punya pengalaman dengan ini."

"Jadi ini akan sangat sulit untuk semua tim karena tidak bermain di kandang, situasi yang berbeda total. Di Eropa, meski tanpa suporter tapi tetap bermain di kandang, tapi ini tidak berlaku di Indonesia," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Liga 1 Persib Bandung
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan