Pelatih Persija Tak Suka Permainan Bola Panjang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 08 Juni 2022
Pelatih Persija Tak Suka Permainan Bola Panjang
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.(Media Persija)

BolaSkor.com - Ada yang berbeda dari permainan Persija Jakarta saat beruji coba melawan Sabah FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (5/6). Persija yang musim lalu dikenal kerap memainkan umpan panjang atau long ball, kini lebih mengandalkan operan-operan pendek dengan pressing tinggi.

Hal itu tidak terlepas dari sosok Thomas Doll yang kini menukangi Persija. Juru taktik asal Jerman tersebut memutuskan untuk mengubah gaya main Persija sesuai keinginannya.

"Saya melihat Persija di musim lalu banyak memainkan bola-bola panjang. Dalam sistem saya, pemain harus bisa melakukan banyak operan pendek dengan nyaman dan kalau bisa melakukan pressing juga," kata Thomas Doll.

"Selain itu, saya ingin mereka bisa bermain lebih baik dengan bola bawah maupun bola atas. Saya berharap dengan sistem ini, kami bisa memainkan sepak bola offensif yang membuat banyak peluang di area kotak penalti,” tuturnya.

Baca Juga:

Thomas Doll Berhasil Ubah Gaya Main Persija Walau Kalah dari Sabah FC

Pemain Persija Ini Curi Perhatian Pelatih Sabah FC

Dalam pertandingan kontra Sabah FC, Persija juga bermain dengan formasi berbeda dari musim lalu. Jika di Liga 1 2021/2022 Persija kerap tampil dengan formasi 4-3-3, saat melawan Sabah FC, Makan Konate dkk. turun dengan skema 3-5-2.

"Saya menggunakan 3-5-2 agar pemain tengah saling berdekatan," ujarnya.

Kendati demikian, formasi tersebut tidak akan mutlak diterapkan Thomas Doll. Menurutnya, formasi bisa berubah tergantung situasi pertandingan dan calon lawan yang akan dihadapi Persija.

"Dan menurut saya, sistem permainan lebih penting ketimbang soal formasi yang saya pakai. Saya tidak peduli apakah nantinya akan bermain dengan satu penyerang atau dua penyerang," tutur eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Persija jakarta Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.304

Bagikan