BolaSkor.comTimnas Indonesia U-16 sedang melakukan pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga pada, 9-20 Maret 2020. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menerapkan aturan ketat pada TC kali ini.

Aturan ketat yang dilakukan oleh Bima Sakti ini berlaku baik di dalam lapangan ataupun di luar lapangan. Bima malakukan hal ini karena ingin menerapkan kedisiplinan kepada pemain Timnas Indonesia U-16 sejak dini.

"Untuk tim ini, saya terapkan hal tersebut. Mengingat ini adalah tim usia muda, dan memang harus sejak dini memperkenalkan kedisipilinan. Disiplin yang dimaksud adalah mengenai ibadah, waktu, makanan, pemakaian alat komunikasi, sosial media dan lain sebagainya," tegas Bima Sakti seperti yang dilansir di laman PSSI.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-16 Kembali Lakukan TC, Bima Sakti Panggil 25 Pemain

Terkesan dengan Program Timnas Indonesia U-16, Ketum PSSI Beri Pesan untuk Bima Sakti

Jika ada yang melanggar peraturan tersebut, mantan kapten Timnas Indonesia era 1990-an itu pun tidak segan memberikan sanksi. Dari mulai denda bentuk uang, sampai pencoretan dari Timnas Indonesia U-16.

Selain itu, sanksi yang diberikan oleh Bima Sakti tidak hanya diberikan kepada pemain Timnas Indonesia U-16 saja. Para ofisial pun juga bisa mendapatkan sanksi, jika saja mereka telat hadir dalam latihan, atau tidak menjalankan ibadah.

"Bukan hanya pemain, ofisial yang melanggar juga tentu akan mendapatkan ganjarannya. Itu dilakukan untuk memberikan contoh kepada pemain, tak hanya mereka saja yang menerima sanksi tersebut. Misalnya, telat hadir saat latihan, makanan tidak habis dimakan, hingga tak menjalankan ibadah,” jelas Bima Sakti.

"Sanksinya yang paling rendah adalah puluhan ribu rupiah untuk makanan yang tidak dihabiskan, hingga jutaan rupiah. Paling fatal adalah dikeluarkan dari Timnas Indonesia U-16 apabila pemain atau ofisial yang melakukan tindakan mencemarkan nama baik tim serta federasi. Mereka juga tidak akan dipanggil kembali nantinya," tegas Bima Sakti.

TC Timnas Indonesia U-16 kali ini diikuti oleh 25 pemain. Mereka akan bersaing untuk mendapatkan tempat tampil di Piala AFC U-16 2020 yang digelar di Bahrain, pada September mendatang.