Pelatih Ungkap Sebab Kekalahan Kevin/Marcus

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 29 Juli 2021
Pelatih Ungkap Sebab Kekalahan Kevin/Marcus
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (pbsi)

BolaSkor.com - Secara mengejutkan pasangan andalan Indonesia unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia 14-21, 17-21 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Kamis (29/7). Minions pun gagal lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Penampilan kurang maksimal Marcus/Kevin hari ini dikatakan bukan karena faktor teknis, melainkan beban dan tekanan yang berat. Hal ini disampaikan sang pelatih Herry Iman Pierngadi.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Asa Kevin/Marcus Pupus

Olimpiade Tokyo 2020: Gregoria Mariska Angkat Koper

"Ya di luar prediksi. Jadi mereka tidak bisa keluar dari tekanan, dua-duanya jadi tegang dan pola mainnya tidak normal, tidak bisa seperti biasanya. Sebaliknya lawan bisa menerapkan pola mainnya, enak, enjoy, tidak tegang, dan bisa mengeluarkan semua kemampuannya," ungkap Herry dikutip dari badmintonindonesia.org.

"Marcus/Kevin kita tidak bisa bicara teknis, mereka kalau menurut saya masalahnya di mental. Mereka terlalu beban, tidak bisa mengatur pikirannya, mungkin terlalu berekspektasi atau bagaimana jadi mainnya kacau. Faktor servisnya difault terus juga ada sedikit. Faktor mereka tidak ada pertandingan, juga ada. Tetapi menurut saya faktor terbesarnya di masalah mental," lanjutnya.

Herry menambahkan bahwa ketegangan yang dirasakan Marcus/Kevin ini mirip dengan apa yang mereka alami di Kejuaraan Dunia 2018 atau 2019.

"Mirip-mirip lah masalahnya, tapi saya tidak sangka di Olimpiade ini permainannya sama sekali tidak keluar. Waktu Kejuaraan Dunia permainannya masih oke," tutur Herry.

"Sebenarnya saat pemanasan biasa saja, tapi saat mulai main ketinggalan, nyangkut, ketinggalan, nyangkut lalu di situ mulai tertekan. Tapi di luar itu, harus kita akui pasangan Malaysia memang lagi bagus," kata Herry.

Herry mengatakan ada perbedaan antara Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra dalam menghadapi tekanan, tapi ini sebuah hal yang wajar mengingat Marcus/Kevin baru pertama kali ikut Olimpiade.

"Ada perbedaan memang antara Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra dalam menghadapi tekanan di Olimpiade ini. Ahsan/Hendra kita lihat lebih tenang, lebih enjoy jadi bisa lebih fokus," ujar Herry.

"Tapi ini kan mereka baru pertama kali ikut Olimpiade, wajar belum bisa mengatur pikiran dan bebannya. Ini jadi pelajaran buat mereka. Ke depan saya harap mereka bisa lebih baik," tutup Herry.

Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020 Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.914

Bagikan