BolaSkor.com - Kabar duka menyambangi dunia balap F1 setelah pembalap legendaris, Niki Lauda, meninggal dunia. Lauda meninggal dunia pada usia 70 tahun ketika sedang tidur.

Niki Lauda tutup usia di Vienna, Senin (20/5) waktu setempat. Lauda menerima transplantasi paru-paru delapan bulan silam dan sempat dirawat karena hal itu.

"Dalam duka, kami mengumumkan Niki Lauda meninggal dunia dalam damai di tengah-tengah keluarganya, Senin. Raihan sebagai atlet dan pengusaha tidak akan terlupakan," tulis pernyataan resmi keluarga.

"Semangat tidak kenal lelahnya akan kami wariskan dan Niki Lauda adalah anutan bagi kami samua. Niki merupakan suami, ayah, dan kakek yang akan dirindukan," lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga:

Ferrari Gunakan Mesin Baru di F1 GP Spanyol

5 Rivalitas Terpanas Sepanjang Sejarah Olahraga

Film Rush

Dalam dunia balap F1, nama Niki Lauda tidak bisa dianggap remeh. Rivalitasnya dengan James Hunt abadi bagi pencinta balapan jet darat tersebut.

Persaingan ketat keduanya diangkat sebagai adaptasi untuk film Rush (2013). Dalam film tersebut, karakter Niki Lauda diperankan oleh aktor berdarah Jerman, Daniel Bruhl.

Pada F1 GP Jerman 1976, Niki Lauda mengalami luka bakar hebat yang nyaris merenggut nyawanya. Paru-paru pembalap asal Austria itu dipenuhi asap beracun yang terbawa hingga meninggal dunia.

Selama berkarier, Niki Lauda memenangi tiga gelar juara dunia F1. Tepatnya pada musim 1975, 1977, dan 1984. Bahkan, saat mengalami kecelakaan pada 1976 pun hanya kalah satu poin dari James Hunt.