Pengamat Sepak Bola Angkat Bicara soal Kontroversial Persikota Vs Farmel FC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 07 Maret 2022
Pengamat Sepak Bola Angkat Bicara soal Kontroversial Persikota Vs Farmel FC
Persikota Tangerang Vs Farmel FC. (PSSI)

BolaSkor.com - Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly, ikut menanggapi kejadian kontroversi soal wasit di Liga 3 2021. Tepatnya pada laga Persikota Tangerang melawan Farmel FC.

Persikota menghadapi Farmel FC, pada laga Grup CC 16 besar Liga 3 2021 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (6/3) sore. Pertandingan ini berhasil dimenangkan oleh Farmel FC dengan tiga gol tanpa balas.

Dalam laga tersebut, Persikota beberapa kali dirugikan atas kinerja wasit. Mulai soal onside peluang terbuka di depan gawang lawan, justru dibilang offside. Padahal dalam tayangan ulang terlihat onside pemain Persikota.

Lalu Farmel FC mendapatkan hadiah penalti. Padahal terlihat jelas pemain Farmel FC menjatuhkan diri dengan cara mencoba menabrak pemain Persikota. Alhasil, Persikota kalah tiga gol tanpa balas.

Baca Juga:

Persikota Merasa 'Dikerjai', Prilly Latuconsina: Sepak Bola Indonesia Masih Mengecewakan

Kalah dari Bali United, Pelatih Persija Ungkap Alasan Tak Mainkan Marco Motta dan Simic

Bung Towel merasa jika kejadian yang dialami Persikota bukan sekali itu saja terjadi. Apalagi wasit yang bertugas di Liga 3 kerap jadi sasaran protes seperti yang dilakukan Persikota.

“Kalau wasit sepertinya ini dan sangat kasar ini apakah permasalahan soal teknis atau non teknis menjadi pertanyaan besar,” ucap Bung Towel.

"Kalau soal teknis ini sangat naif. Ini ada faktor non-teknis menyangkut satu klub Farmel FC ini, apakah ini satu kebetulan atau sesuatu yg dalam non-teknis tadi wasit sebagai alat aktor, kalau ini bukan sesuatu kebetulan tapi harus dicurigai ada faktor non-teknis."

"Kita tahu dalam sepak bola ada match fixing. Juga ada kepentingan promosi dan degradasi. Bicara kepentingan promosi dan degradasi berarti ada pengawalan kepada tim tertentu. Pengawalan ini bisa dibilang wasit sebagai aktor. Indikasi ini harus dilihat ke arah sana," tambahnya.

Bung Towel pun berpendapat, setiap tim yang menghadapi Farmel FC pasti ada rasa khawatir.

"Untuk tim-tim yang akan menghadapi Farmel saya yakin mereka akan menaruh awareness lebih besar, tetapi secara garis besar kita tidak hanya bicara farmel, Liga 3 nasional sudah dipegang oleh PSSI. Seharusnya dengan kejadian ini PSSI harusnya malu,” tegas Bung Towel.

Sementara itu, aktris sekaligus pemilik kub Persikota Tangerang, Prilly Latuconsina, meluapkan keluh kesahnya atas kerugian yang diterima timnya ketika melawan Farmel FC.

"Keanehan yang terjadi di pertandingan ini onside jadi offside, tidak pelanggaran jadi pelanggaran, harusnya tidak kartu jadi kartu membuat saya sedih sama kondisi persepak bolaan Indonesia, saya harap hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi, sangat disayangkan sekali hal ini terjadi @pssi,” tulis Prilly di akun instagram @prillylatuconsina96.

Persikota Tangerang Farmel FC Liga 3 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan