Penyelenggara Piala Afrika Sanggah Turnamen Batal karena Varian Omicron

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 Desember 2021
Penyelenggara Piala Afrika Sanggah Turnamen Batal karena Varian Omicron
Aljazair juara bertahan Piala Afrika (Twitter)

BolaSkor.com - Sempat ada kekhawatiran Piala Afrika 2021 yang sedianya sudah mengalami penundaan, kembali ditunda karena varian baru virus corona bernama Omicron. Apalagi Omicron berasal dari Afrika.

Isu penundaan itu muncul karena penyebaran Omicron serta kekhawatiran pelatih-pelatih timnas, serta pelatih klub-klub Eropa khususnya dari Premier League kepada pemain mereka.

"Para pemain Afrika yang dipanggil oleh timnas mereka harus ... menjalani karantina sekembalinya mereka ke Inggris, yang karenanya akan membuat klub kehilangan pemain mereka untuk waktu yang lebih lama," demikian tulisan di RMC Sport.

Sebelumnya CAF selaku Federasi Sepak Bola Afrika sudah menunda Piala Afrika yang seharusnya berlangsung pada Januari-Februari 2021. Tak ayal penundaan lagi akan menyulitkan pihak penyelenggara.

Baca Juga:

Varian Omicron Munculkan Potensi Penundaan Piala Afrika 2022

Paru-paru Bermasalah karena COVID-19, Joshua Kimmich Menyesal Tak Divaksin

Virus Corona Mewabah Kembali di Inggris, Premier League Perketat Aturan

Trofi Piala Afrika

Seorang juru bicara untuk CAF membantah isu tersebut, "Piala Afrika akan tetap dimulai di Kamerun pada 9 Januari 2022. Itu alfa dan omega (sudah jelas dan tak bisa diganggu gugat)," ucap dia dikutip dari Mirror.

Terkait penyelenggaraan Piala Afrika itu juga ECA, Asosiasi Klub-klub Eropa mengirim surat kepada Deputi FIFA Sekjen Mattias Grafstrom mengenai tiga hal penting yang jadi perhatian klub kala melepas pemain-pemain mereka ke timnas.

Tiga poin itu adalah para pemain harus dilindungi dengan baik, klub tak dipaksa tanpa pemain untuk laga-laga kompetisi klub, dan seluruh pemain diperbolehkan kembali ke klub selepas turnamen di waktu yang tepat.

CAF tetap optimistis Piala Afrika akan berjalan sesuai rencana pada Januari mendatang, terlepas dari surat yang diajukan ECA tersebut.

Kabarnya akan ada sekitar 40 pemain dari Premier League yang akan dipanggil untuk Piala Afrika nanti. Liverpool coba menunda partisipasi dua bintang mereka, Sadio Mane dan Mohamed Salah, dan melakukan perbincangan.

“Kami tidak tahu persis (situasi Piala Afrika). Akan ada saatnya pelatih nasional mengumumkan rencana mereka dan kami akan tahu juga. Kami sedang dalam pembicaraan tetapi keputusan akan dibuat di tempat lain," ucap manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

"Saya pikir Anda bisa mengerti mengapa ini bukan pertanyaan yang harus saya jawab... apakah saya senang atau tidak," urai dia.

Breaking News Virus Corona Piala Afrika
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.220

Bagikan