Perjalanan Brasil Berakhir di Piala Dunia 2022: Tite Mundur, Dua Pemain Senior Angkat Bicara

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 10 Desember 2022
Perjalanan Brasil Berakhir di Piala Dunia 2022: Tite Mundur, Dua Pemain Senior Angkat Bicara
Tangisan Neymar usai kalah dari Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Melaju mulus selama fase grup sampai 16 besar Piala Dunia 2022 tidak menjamin timnas Brasil bertahan hingga final. Tim dengan status peraih trofi terbanyak Piala Dunia itu harus menerima kenyataan pahit di fase perempat final.

Melawan tim kuda hitam sekaligus finalis Piala Dunia 2018, timnas Kroasia, Brasil kalah dalam drama adu penalti di Education City Stadium, Jumat (09/12) malam WIB, dengan skor 2-4 setelah di waktu normal berakhir imbang 1-1.

Dua gol di pertandingan itu diciptakan di babak tambahan melalui gol Neymar (105+1') yang dibalas Bruno Petkovic (117'). Laga berjalan ketat di antara keduanya dengan 51 persen penguasaan bola milik Kroasia berbanding 49 persen, tetapi Brasil jauh unggul pada jumlah tendangan (21) dan 11 sepakan tepat sasaran.

Pada akhirnya statistik tak lagi berpengaruh dan Kroasia terus melaju usai menyingkirkan Jepang di 16 besar, kemudian juga Brasil di perempat final. Tarian Brasil pun berubah menjadi tangisan karena mereka gagal menjawab ekspektasi lagi setelah terakhir memenangi Piala Dunia pada 2002.

Baca Juga:

Belanda 2-2 Argentina (3-4 Pen): Albiceleste Tantang Kroasia di Semifinal

Bintang Laga Belanda Vs Argentina: Lionel Messi, Bersinar di Pertandingan Besar

Kroasia 1-1 (4-2 Pen) Brasil: Tim Samba Kembali Disingkirkan Wakil Eropa

Tite, yang melatih Brasil dari 2016, telah mengonfirmasi ia pergi dari jabatannya sebagai pelatih Brasil. Ia menepati janji setelah sebelumnya berkata Piala Dunia 2022 jadi yang terakhir untuknya.

"Saya akan pergi setelah Piala Dunia. Saya tak punya alasan berbohong. Saya juga tak ingin memenanginya. Saya telah memenangi segalanya dalam karier saya, satu-satunya yang kurang adalah Piala Dunia," papar Tite sebelumnya.

Tite pun mengonfirmasinya setelah laga lawan Kroasia. "Seperti yang telah saya katakan, era saya telah berakhir. Saya mengatakannya pada satu setengah tahun lalu. Saya pria yang menepati janji," tegasnya seperti dilansir dari Goal.

Dua pemain senior timnas Brasil, Casemiro dan Thiago Silva, juga angkat bicara selepas kekalahan tersebut. Keduanya sama-sama menyesali kegagalan Brasil mengontrol permainan setelah Neymar membawa tim unggul.

"Dalam sepak bola, kami bisa saja kebobolan gol, terlepas dari lawan di sisi lain. Kroasia adalah tim yang berkualitas. Tiba-tiba kami bisa sedikit lebih fokus. Kami tidak terbiasa melakukan serangan balik semacam itu. Saya pikir kami sedikit kacau," tutur Thiago Silva.

"Pada bola kedua saat kami kehilangan kontrol, kami memberikan serangan balik, yang mereka inginkan saat itu, dengan tambahan permainan bola udara. Dan gol itu bahkan tidak datang dari atas, itu melewati tanah."

"Sulit. Namun terlepas dari kesedihan, hidup harus terus berjalan. Saya sangat bangga dengan para pemain, atas apa yang telah kami lakukan, tapi sayangnya itu adalah bagian dari sepak bola."

Seperti halnya Thiago Silva, Casemiro juga menuturkan hidup akan terus berjalan dan momen sulit saat melawan Kroasia bisa terjadi kapan pun. Casemiro juga kehabisan kata-kata pasca melawan Kroasia.

"Semua kekalahan menyakitkan, terutama ketika Anda memiliki tujuan, mimpi, Anda memiliki pekerjaan empat tahun untuk saat itu. Tapi sulit untuk menemukan kata-kata. Sulit untuk menemukan momen," imbuh Casemiro.

"Itu mengangkat kepala Anda, hidup terus berjalan. Kami sedih, semua pemain di grup melakukan yang terbaik. Kami kecewa, terutama karena apa yang terjadi. Itu ada di tangan kami dan kemudian hilang. Saat yang sulit. Sekarang ketenangan pikiran, hidup harus terus berjalan," urai pemain Manchester United tersebut.

Casemiro Thiago silva Brasil Timnas Brasil Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Tite Kroasia Timnas Kroasia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan