BolaSkor.com - LaLiga merilis laporan keuangan untuk musim 2017-2018. Dalam laporan tersebut, terdapat peningkatan pendapatan cukup signifikan dibandingkan musim sebelumnya, sebanyak 20,6 persen.

Bertempat di Txoko Restaurant, Jakarta Selatan, Selasa (14/5), LaLiga mengungkapkan laporan keuangan untuk musim 2017-2018. Berdasarkan laporan tersebut, klub-klub LaLiga memperoleh 4,479 miliar euro.

Secara keseluruhan, laba kotor yang didapatkan oleh LaLiga adalah 945 juta euro. Sedangkan laba sebelum bunga dan pajak mencapai 325 juta euro.

Sementara itu, LaLiga memperoleh laba bersih sebesar 189 juta euro. Jumlah tersebut meningkat 6,7 persen dibandingkan laba bersih pada musim sebelumnya.

Baca Juga:

Di Ambang Sejarah, Barcelona Bisa Permalukan Real Madrid

Pensiun, Xavi Hernandez Banting Setir ke Dunia Kepelatihan

Menurut Rodrigo Gallego Abad selaku wakil LaLiga di Indonesia, pendapatan terbesar klub paling banyak dari hak siar. Sementara urutan kedua adalah transfer pemain.

"Hak siar menjadi penyumbang dana terbesar untuk klub-klub LaLiga. Seperti dari iklan LaLiga atau penyiaran pertandingan klub menyumbangkan uang paling banyak," ujar Rodrigo pada acara tersebut.

"Setelah itu adalah pendapatan dari penjualan pemain. Seperti diketahui musim 2017-2018 Barcelona menjual Neymar ke PSG. Sektor komersial dan tiket pertandingan juga memberikan banyak uang," lanjutnya.

LaLiga berhasil mencapai angka-angka tersebut ketika terjadi tren penurunan permodalan. Hasilnya, LaLiga menjadi perusahaan asal Spanyol dengan kekuatan brand tertinggi kedelapan saat ini.