Persebaya Cari Kejelasan soal Liga 1 di Kongres PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 17 Mei 2021
Persebaya Cari Kejelasan soal Liga 1 di Kongres PSSI
Manajer Persebaya Surabaya Candra Wahyudi. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Kepastian kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 bakal ditetapkan melalui Kongres Tahunan PSSI yang dijadwalkan pada 29 Mei mendatang. Pada kongres tersebut, Persebaya Surabaya mengusung beberapa usulan untuk disampaikan.

Sebelumnya, seusai Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada (3/5) lalu, muncul pembahasan penghapusan degradasi. Bahkan, sejumlah klub mengusulkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 digelar tanpa degradasi.

Hanya saja, beberapa klub peserta Liga 1 lain ada yang menolak wacana tersebut. Alhasil, usulan tersebut harus mendapat persetujuan dalam kongres karena bersifat keputusan strategis.

Baca Juga:

Persebaya Pastikan Gaet Penyerang Liga 2

FC Istiklol Resmi Kembalikan Nuriddin Davronov ke Borneo FC

Sementara Persebaya hingga kini belum menentukan sikap terkait wacana tersebut. Tim asal Kota Pahlawan itu memilih menunggu kepastian kompetisi bergulir. Maklum, hingga kini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengantongi izin menggelar kompetisi dari kepolisian.

Padahal, menurut manajer Persebaya Candra Wahyudi kepastian kompetisi dapat digelar sangat penting dalam penentuan kebijakan manajemen klub. Menurutnya, klub sangat terbantu dalam menyiapkan program tim menyambut kompetisi jika perizinan sudah dikantongi federasi dan operator liga. Pun demikian dengan regulasi kompetisi yang dinanti-nanti semua klub.

“Saat ini, kepentingan utama klub dan sebagian besar stakeholder sepak bola adalah kepastian kompetisi yang digelar,” jelas Candra.

“Sedangkan, kalau kongres itu kan agendanya general ke umum. Pemaparan program-program PSSI 2021 seperti apa. Semua diatur menyampaikan agenda apa,” sambungnya.

Candra mengatakan Persebaya juga berencana akan menanyakan regulasi-regulasi lainnya yang masih simpang siur. Selain wacana tanpa degradasi, juga muncul isu pengurangan jumlah pemain asing. Padahal, dalam kondisi pandemi Covid-19, klub harus mengatur mulai dari sisi finansial dan persiapan lainnya.

“Minimal ada penyesuaian. Mulai dari ada degradasi atau tidak, semua punya plus minusnya sendiri. Soal pemain asing maupun sistem kompetisi seperti apa? Apakah sistem bubble seperti Piala Menpora kemarin? Itu juga bagus,” tegas Candra. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan