Persebaya Vs Persela, Bukan Sekadar Reuni Para Mantan

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 20 Oktober 2021
Persebaya Vs Persela, Bukan Sekadar Reuni Para Mantan
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Moral pemain-pemain Persebaya Surabaya terangkat berkat kemenangan 3-1 dari Persipura Jayapura (16/10) lalu. Meski begitu, Persebaya harus dapat mengatasi laga Liga 1 2021/2022 selanjutnya pada derbi Jawa Timur melawan Persela Lamongan besok malam. Kemenangan menjadi bidikan Persebaya agar mentalitas para pemainnya terus terjaga.

Namun, laga yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, tidak akan berjalan mudah bagi Persebaya. Apalagi, Persela memiliki beberapa pemain yang pernah berkostum Persebaya. Diantaranya ada bek kiri Nasir dan stopper Andri Muliadi. Jangan lupakan sosok pelatih Iwan Setiawan yang meletakkan fondasi dan dasar permainan Persebaya selepas sanksi PSSI pada 2017 silam.

Di sisi lain, beberapa mantan pemain Laskar Joko Tingkir (julukan Persela) kini telah menjadi bagian integral Bajol Ijo. Di antaranya adalah Arif Satria, Ady Setiawan, Hambali Tholib, dan Samsul Arif. Serta pelatih Aji Santoso pada medio 2017. Praktis, laga besok juga akan menjadi duel bagi Aji dan Iwan. Tentu bukan hal yang asing bagi keduanya dalam membaca kekuatan lawannya.

Baca Juga:

Daftar 9 Klub Liga 1 yang Lolos Lisensi Klub AFC dan Nasional 2021

Empat Pemain Ini Dapat Ponten Bagus dari Pelatih Persib

"Saya memang beberapa tahun lalu (memoles) Persela, sudah mengetahui bagaimana (kekuatan) Persela. Tetapi ini kan masanya sudah berbeda, waktunya juga berbeda (jauh). Mungkin saya tahu beberapa (bagian) karakter, cara bermain Persela seperti apa. Tetapi tentunya dengan kehadiran Coach Iwan pasti akan banyak perubahan. Karena bagaimana pun pemain harus mengikuti cara bermain yang menjadi keinginan seorang pelatih," ungkap Aji dalam sesi jumpa pers virtual (20/10) siang.

"Coach Iwan merupakan pelatih yang menurut saya cukup bagus, cerdik, teliti dan lebih mengedepankan cara bermain secara taktikal. Jadi, pemain-pemain Persebaya harus siap untuk menghadapi. Karena saya dulu pertama kali melatih belajarnya dari Coach Iwan, beliau pelatih yang memiliki wawasan luas dalam sepak bola," sambung pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Sementara itu, gelandang Ady Setiawan menegaskan tak gentar menghadapi tim asal Kota Soto tersebut. Baginya, laga melawan Persela tak ubahnya pertandingan liga biasa. "(Perasaan) pada laga melawan Persela biasa saja ya. Karena sudah sering melawan (pemain-pemain) mantan klub. Jadi, seperti pertandingan biasa, tidak ada bedanya," ujar mantan penggawa Persela musim lalu ini.

Lebih lanjut Aji Santoso mengaku akan menginstruksikan anak asuhnya agar mewaspadai semua pemain Persela yang membahayakan gawang Persebaya. Pelatih 51 tahun tersebut juga menilai Ivan Carlos França Coelho sebagai penyerang berbahaya. Kendati baru mencetak dua gol dari enam laga terakhirnya.

"Kami tidak akan melakukan man to man marking, kami bakal mewaspadai semua pemain Persela. Terutama striker Ivan Carlos. Yang telah kita ketahui bersama merupakan pemain yang memiliki kualitas cukup bagus. Terbukti dia mencetak gol dengan (cara) spektakuler," pungkas Aji.

Saat ini, klub kebanggaan Bonek tersebut bertengger di posisi kesembilan dengan tiga kemenangan dan empat kekalahan. Di sisi lain, Persela masih menghuni papan bawah klasemen sementara, tepatnya peringkat ke-14 dengan tujuh poin dari tujuh laga. Karena itu, tambahan tiga poin kala melibas Persela nanti bakal menaikkan peringkat tim berjulukan Bajul Ijo itu serta menambah kepercayaan diri Persebaya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Persela lamongan
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan