Persiapan MotoGP 2020 Dimulai Selasa (19/11) di Valencia, 4 Hal yang Menarik Ditunggu

Hendry WibowoHendry Wibowo - Senin, 18 November 2019
Persiapan MotoGP 2020 Dimulai Selasa (19/11) di Valencia, 4 Hal yang Menarik Ditunggu
Marc Marquez dan Kawan-kawan Melakukan Start di Lomba MotoGP 2019 (Istimewa)

BolaSkor.com - Lomba putaran ke-19 MotoGP 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (17/11) lalu, mengakhiri rangkaian lomba musim ini.

Hasilnya, Marc Marquez dan Honda sukses meraih Triple Crown: sapu bersih gelar juara dunia pembalap, konstruktor, dan tim.

Namun semua tim dan pembalap tidak bisa lama beristirahat. Karena persiapan menuju MotoGP 2020 bahkan sudah dimulai hari Selasa (19/11) ini.

Ya, kembali bertempat di Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo bakal menggelar sesi tes pra-musim jelang musim 2020, Selasa dan Rabu. Tentunya banyak hal menarik ditunggu pada tes ini. BolaSkor.com coba merangkumnya buat Anda.

Baca Juga:

Lomba MotoGP Valencia: Marc Marquez Finis Pertama, Raih Triple Crown

Raih Triple Crown, Marquez Bakal Sulit Lupakan MotoGP 2019

1. Mesin dan Motor 2020

Mesin dan motor untuk musim 2020 dipastikan akan mulai dicoba semua tim pada tes Valencia ini. Ducati bahkan sudah mengumumkan mereka akan benar-benar menurunkan motor Desmosedici baru untuk tes ini.

Kemudian Suzuki dan Yamaha bakal berusaha memambah power motor mereka untuk musim 2020 agar bisa menandingi kecepatan pada trek lurus milik Ducati maupun Honda.

Marc Marquez juaran dunia pembalap MotoGP 2019
Marc Marquez Juara Dunia Pembalap MotoGP 2019 (Twitter/Repsol Honda)

Pabrikan papan bawah seperti Aprilia dan KTM juga sedang mempersiapkkan senjata baru untuk memangkas gap dari tim pabrikan baris depan. Aprilia sendiri sudah menjelaskan bakal menggunakan motor RS-GP yang benar-benar baru.

2. Pembalap Gunakan Spesifikasi Motor Baru

Tes Valencia juga bakal spesial untuk Fabio Quartararo dan Pecco Bagnaia. Karena keduanya bakal mengendarai motor spesifikasi baru dan sama seperti pembalap pabrikan.

Artinya motor Quartararo, pembalap satelit Petronas Yamaha bakal sama dengan duet pabrikan tim berlambang garpu tala, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Kemudian Bagnaia juga dapat motor spesifikasi sama seperti duet pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Baik Ducati dan Yamaha memang bakal menurunkan empat motor spesifikasi 2020 untuk pembalap mereka (dua pembalap pabrikan dan dua pembalap tim satelit). Artinya tidak seperti musim ini, Quartararo dan Bagnaia punya motor sama seperti rekan setim: Franco Morbidelli dan Jack Miller.

3. Apakah Rekan Setim Marc Marquez Bakal Diketahui?

Pertanyaan paling menarik. Pensiunnya Jorge Lorenzo memang menghadirkan satu kursi kosong di tim Repsol Honda pada MotoGP 2020 sebagai pendamping Marc Marquez. Kini diyakini ada tiga kandidat pengisi kursi kosong tersebut yaitu Johann Zarco, Cal Crutchlow, atau Alex Marquez.

Alex Marquez pengganti Jorge Lorenzo
Alex Marquez Digadang Sebagai Kandidat Terkuat Pengganti Jorge Lorenzo (Istimewa)

Konon Alex jadi kandidat terkuat untuk mendampingi sang kakak tahun depan. Patut ditunggu apakah Honda bakal membuat keputusan sebelum atau sesudah tes di Valencia. Atau justru pabrikan asal Jepang ini bakal melakukan seleksi pembalap di Ricardo Tormo. Tentu ini sebuah teka-teki yang sangat menarik untuk ditunggu.

4. Aksi Pembalap Rookie

Hanya ada dua pembalap debutan di MotoGP 2020. Keduanya adalah Brad Binder dan Iker Lecuona. Nama terakhir sudah melakukan debut bersama tim satelit KTM Tech 3 pada lomba MotoGP Valencia, Minggu lalu, setelah Miguel Oliveira cedera.

Lecuona tampil cukup impresif sebelum akhirnya terlibat insiden dengan Johann Zarco. Potensi Binder bersama tim pabrikan KTM juga patut ditunggu. Karena performa pembalap asal Afrika Selatan itu cukup mengkilap di Moto2 2019. Dia bahkan berstatus sebagai runner-up.*

Breaking News MotoGP 2020 Tes MotoGP Valencia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan