BolaSkor.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar sambut baik rencana PSSI untuk menggelar turnamen jika Liga 1 2020 benar-benar dihentikan. Alasannya karena pandemi Virus Corona (COVID-19).

Menurut Umuh, turnamen menjadi langkah tepat apabila kompetisi tertinggi tanah air itu untuk musim ini dihentikan. Sebab yang terpenting para pelaku sepak bola memiliki kegiatan.

"Bagaimanapun juga kalau kondisi Virus Corona belum selesai masih banyak cara, masih banyak jalan kalau untuk olahraga. Olahraga khususnya sepak bola, pasti akan lebih diperhatikan dan berjalan. Tidak mungkin harus berhenti," tegas Umuh saat dihubungi, Kamis (9/4).

Baca Juga:

Persib Bandung Bayar Gaji Pemain 25 Persen, Umuh Muchtar Sentil Persita Tangerang

Persib Bandung Periksa Ulang Wander Luiz Usai Masa Isolasi Selesai

Diberitakan sebelumnya, PSSI tengah menyiapkan beberapa opsi jika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 harus dihentikan karena pandemi Virus Corona (COVID-19). Kepastian tersebut dikatakan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat rapat virtual bersama Komisi X DPR RI, Rabu (8/4).

Dalam rapat tersebut, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 2020. Satu di antaranya pembahasan nasib kompetisi.

Iwan Bule mengatakan masih ada waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan kompetisi pada akhir 2020. Namun, jika pemerintah memperpanjang darurat COVID-19, maka dengan terpaksa PSSI akan membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

"Apabila COVID-19 berhenti sampai 29 Mei 2020, maka liga akan bergulir lagi mulai 1 Juli 2020, ada waktu enam bulan untuk menyelesaikan kompetisi," kata Iwan Bule.

”Tapi, kalau pemerintah belum mencabut status darurat COVID-19 (hingga akhir Mei 2020) maka kami tidak bisa melanjutkan," ucapnya menambahkan.

Meski demikian, Iriawan sudah menyiapkan agenda lain jika saja kompetisi benar-benar dihentikan. Kemungkinan besar PSSI akan menggelar turnamen untuk mengisi kekosongan sampai dengan kompetisi berikutnya digulirkan.

"Ada opsi kalau September (wabah virus corona) selesai akan izin pemerintah untuk adakan kompetisi khusus, seperti Liga Indonesia dan lain-lain," tutur Iwan Bule.

"Itu pun akan dilakukan untuk mengisi kekosongan yang ada hingga akhir tahun," pungkas pria yang baru saja pensiun dari Kepolisian itu. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)