Persib dan PSM Tanggapi Kasus COVID-19 di Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 01 Februari 2022
Persib dan PSM Tanggapi Kasus COVID-19 di Liga 1
Liga 1 seri keempat digelar di Bali. (LIB)

BolaSkor.com - Kasus Covid-19 di series empat Liga 1 2021/2022 di Bali terus meningkat. Bahkan sebagian besar tim peserta sudah terpapar.

Mulai dari Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, PSS Sleman, Persiraja Banda Aceh hingga Madura United yang sampai tidak bisa berlaga lantaran jumlah pemain yang tersisa kurang dari 14 orang. Sesuai pasal 52 ayat 7 dalam Regulasi Liga 1 2021/2022, bahwa jika satu tim pemainnya kurang dari 14 harus ditunda.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya mengatakan ini merupakan fenomena yang terjadi di Liga 1 2021/2022. Sebab kompetisi digelar di tengah pandemi.

"Sebenarnya PT LIB juga sudah mencoba sejak dari awal skema kompetisi yang disesuaikan masa pandemi, tetapi mungkin ada yang luput dan teledor sehingga penyebarannya jadi cepat dan tak bisa dikontrol," kata Yaya Sunarya dalam jumpa pers virtual sebelum laga melawan PSM Makassar, Selasa (1/2).

Baca Juga:

Sembilan Pemain Persib Masih Absen, PSM Tak Merasa Diuntungkan

Kasus COVID-19 Liga 1 Melonjak, PT LIB Akui Ada Kelalaian Prokes

Yaya Sunarya memastikan ini menjadi perhatian bagi PT LIB selaku operator kompetisi. Termasuk juga oleh setiap tim untuk menghindari paparan Covid-19.

"Tentunya ini jadi perhatian kita dan fokus untuk keberlangsungan Liga. Jadi saya pikir orang-orang yang berkompeten dalam hal ini tentunya akan menyikapi dengan bijak. Itu mungkin yang bisa saya komentari soal kasus di beberapa klub, termasuk Persib," tuturnya.

Disisi lain, pelatih PSM Makassar, Joop Gall mengatakan kondisi ini tidak hanya terjadi di Liga Indonesia. Namun juga terjadi di Liga-Liga lainnya termasuk di Eropa.

"Tentunya di seluruh dunia sedang mengalami lonjakan dan omicron menjadi varian yang dominan. Kami tidak bisa naif bahwa setiap orang memiliki kemungkinan untuk terpapar virus bukan hanya pemain. Oleh karena itu pihak operator harus mencari solusi bagaimana jika kondisinya memburuk," ujar Joop Gall.

"Namun bagi saya, untuk memberikan jawaban soal apa yang akan terjadi saya butuh waktu 1-2 minggu lagi. Kami cuma bisa berharap apa yang terjadi nantinya, kita lihat saja nanti bagaimana perkembangannya dalam 1-2 minggu ke depan," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1 Psm makassar Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan