Sembilan Pemain Persib Masih Absen, PSM Tak Merasa Diuntungkan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 01 Februari 2022
Sembilan Pemain Persib Masih Absen, PSM Tak Merasa Diuntungkan
Pelatih PSM Makassar, Joop Gall. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih PSM Makassar, Joop Gall memastikan timnya tidak merasa diuntungkan dalam menghadapi Persib. Sekalipun tim berjulukan Maung Bandung itu masih belum bisa memainkan sembilan pemainnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (2/2).

Kesembilan pemain Persib itu masih menjalani karantina lantaran dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes antigen hingga polymerase chain reaction (PCR) yang telah dilakukan.

Pelatih asal Belanda ini memiliki keyakinan yang tinggi para pemain pengganti yang disiapkan Persib akan menyulitkan timnya untuk meraih kemenangan. Sebab para pemain itu ingin menunjukan kualitasnya yang selama ini banyak menghuni bangku cadangan.

"Saya rasa ini bukan suatu keuntungan. Justru pemain yang kurang menit bermain ingin menunjukkan kepada pelatih bahwa mereka juga layak bermain sebagai starter. Saya tidak mempedulikan apakah kekuatan mereka menurun atau tidak, karena mereka juga terbukti bisa memenangkan pertandingan terakhirnya (melawan TIRA Persikabo)," ujar Joop Gall, Selasa (1/2).

Baca Juga:

Hadapi PSIS, Persebaya Waspadai Jonathan Cantillana

Kasus COVID-19 Liga 1 Melonjak, PT LIB Akui Ada Kelalaian Prokes

"Jadi mereka juga mungkin akan melakukan yang sama besok. Tapi kami juga sebagai tim Makassar akan berusaha keras untuk menaklukkan mereka serta memenangi laga beruntun. Saya tidak mau terlena, karena pemain mereka tentu ingin membuktikan," tambahnya.

Joop Gall memahami timnya hanya memiliki persiapan singkat dalam menghadapi Persib ini. Sebab PSM Makassar sebelumnya baru menjalani laga melawan Barito Putera, Jumat (28/1).

"Waktu antar pertandingan semakin pendek sehingga kalau bicara soal persiapan, tentu bagi pelatih semakin sulit. Namun tentunya setiap saat kami akan berusaha maksimal untuk mengembangkan tim ini," tegasnya.

Pelatih berkepala plontos ini berharap timnya bisa mengatasi Persib hingga meraih kemenangan. Paling tidak, bisa tampil konsisten di setiap laganya.

"Setiap pertandingan tentunya kami ingin bermain dengan performa yang sama. Tetapi sebagai contoh tentunya pemain memiliki feeling yang berbeda pada setiap harinya dan itu berdampak pada pertandingan."

"Yang kini harus kami lakukan adalah melakukan memperbaiki kesalahan yang sudah berlalu dan mencoba belajar dari hal-hal yang baik. Saya rasa perlahan pemain sudah lebih mengerti dan memahami apa yang saya inginkan dan semoga kami bisa menang secara beruntun," harapnya.

Terkait mengenai absennya Muhammad Arfan dan Abdul Rahman, pelatih yang banyak asam garam di Liga Belanda ini akui merasakan kerugian. Namun, dia merasa itu menjadi bagian dari sepak bola.

"Dengan banyaknya pertandingan, hukuman seperti akumulasi kartu kuning atau pemain cedera menjadi sebuah konsekuensi dan itu tidak bisa terhindarkan. Namun kami harus menerima itu dan tidak ada solusi lain dengan mengganti mereka dengan dua pemain lainnya," katanya.

Disisi lain, bek PSM Makassar, Hasim Kipuw membenarkan ketidakhadiran sembilan pemain tidak bisa dijadikan keuntungan bagi timnya. Terlebih, kualitas pemain Persib merata.

"Sama dengan apa yang dikatakan oleh coach, bahwa kami tidak melihat itu sebagai keuntungan karena masih ada pemain yang lain. Saya juga sebagai pemain memahami bahwa mereka merasa ini adalah suatu kesempatan. Bagi pemain Persib yang kurang dapat menit bermainnya tentu mereka akan membuktikan kepada pelatih bahwa mereka bisa."

"Jadi untuk saya, tidak menjadi sebuah keuntungan dan saya sebagai pemain fokus kepada tim kami saja, bagaimana melawan mereka besok dan lebih baik dari mereka. Semangat mereka tinggi, semangat kami lebih tinggi lagi," kata Hasim Kipuw.

Pemilik nomor punggung 15 ini berharap kemenangan bisa didapatkan timnya. Sebab saat ini PSM masih berada di papan tengah dengan menempati peringkat ke-9 dengan perolehan 27 poin dari 21 pertandingan yang telah dilakoni.

"Untuk saat ini, setiap tim pastinya ingin menang. Karena jarak poinnya tipis-tipis ya hanya beda 1-2 poin saja. Tim di papan tengah mau ke atas, tim di bawah juga mau naik. Jadi semua masih punya kesempatan dan bagaimana di setiap pertandingan kita harus maksimalkan meraih tiga poin biar kita juga beranjak ke papan atas," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Psm makassar Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan