Persib Dukung Langkah Erick Thohir Audit Keuangan PSSI dan PT LIB

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 21 April 2023
Persib Dukung Langkah Erick Thohir Audit Keuangan PSSI dan PT LIB
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono (Bolaskor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Persib Bandung mendukung penuh langkah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir untuk mengaudit keuangan induk organisasi sepak bola tanah air itu termasuk PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Langkah itu dilakukan Erick Thohir sebagai tindaklanjut polemik PSM Makassar yang tak mendapatkan hadiah uang tunai setelah menjuarai Liga 1 2022/2023.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku sangat mendukung langkah yang dilakukan Erick Thohir. Menurutnya, langkah yang dilakukan sangat tepat dan strategis dalam membangun kepercayaan publik terhadap PSSI dan PT LIB.

Apalagi Menteri BUMN Republik Indonesia ini sudah menandatangani kesepakatan dengan firma audit ternama yakni Ernst & Young untuk penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan tersebut.

Baca Juga:

Ketua Umum PSSI Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young untuk Audit Forensik

Bersih-bersih ala Erick Thohir, Minta PSSI dan PT LIB Diaudit sebelum Gulirkan Liga 1

"Kami sangat mendukung langkah yang dilakukan Ketua Umum PSSI untuk melakukan audit forensik terhadap keuangan PSSI dan PT LIB. Dengan begitu, kami sebagai anggota PSSI dan pemegang saham PT LIB bisa membangun kepercayaan yang lebih baik, dengan transparansi dan tata kelola yang baik," ujar Teddy Tjahjono, Jumat (21/4).

Selanjutnya, Teddy berharap, tata kelola PT LIB sebagai sebuah perusahaan yang baik, bisa segera dilakukan untuk menghadapi musim kompetisi selanjutnya.

Sebelumnya, PT LIB sudah menjelaskan bahwa sejak awal masing-masing klub sudah sepakat terkait tidak ada hadiah uang tunai untuk juara Liga 1 2022/2023 itu. Alasannya karena hal itu sudah dikonversi ke dalam dana kontribusi kepada masing-masing klub.

Bahkan kesepakatan PT LIB dengan para klub peserta Liga 1 itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan berlaku sejak musim 2018. Terbukti, Persija Jakarta dan Bali United selaku juara Liga 1 sejak edisi 2018 hingga musim lalu juga tidak mendapatkan uang tunai.

Sejak musim 2018, PT LIB memang memberikan dana subsidi kepada klub peserta. Jumlahnya sekitar Rp5 miliar yang dibayar dalam beberapa tahapan.

Sebelum musim 2022/2023 berlangsung, PT LIB yang diwakili Ahmad Hadian Lukita sempat mengatakan dana subsidi yang didapatkan klub lebih besar dari sebelumnya. Namun jumlah detailnya dirahasiakan. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1 Pssi Erick thohir PT Liga Indonesia Baru
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan