Persik Vs Persebaya Tanpa Penonton, Panpel di-Back Up 1.800 Personel Keamanan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 14 Maret 2023
Persik Vs Persebaya Tanpa Penonton, Panpel di-Back Up 1.800 Personel Keamanan
Tri Widodo, perwakilan LOC Persik Kediri. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persik Kediri akan kembali melakoni laga kandang di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (18/3) mendatang. Pertandingan menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-31 Liga 1 2022/2023 tidak mendapatkan izin untuk menghadirkan penonton.

Untuk diketahui, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait pertandingan antara Persik kontra Persebaya, Rabu (8/3) lalu. Hasilnya, Forkopimda Kota Kediri, Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, perwakilan Polda Jatim serta perwakilan suporter Persik dan Persebaya menyepakati bahwa laga tanpa penonton.

"Baik Bonek dan Persikmania sepakat tidak datang ke stadion, semua saling jaga demi keamanan ketenteraman Kediri Raya," ujar Tri Widodo, perwakilan LOC Persik.

Baca Juga:

Kapten Persik Kediri Menjawab Mitos Jersey Putih Menentukan Kemenangan

Soal Skuat Persib Musim Depan, Manajemen Ogah Terburu-buru

Sebenarnya, suporter kedua tim ini tidak memiliki riwayat rivalitas dan permusuhan tinggi. Namun, yang menjadi perhatian pihak keamanan adalah adanya karakteristik suporter yang tidak terkoordinir sebagai satu titik kerawanan.

Petugas keamanan akan melakukan penyekatan di beberapa titik perbatasan pintu masuk ke Kota Kediri. Tri Widodo mengatakan, sebanyak 1.800 personel keamanan gabungan dikerahkan untuk berjaga di titik-titik batas kota itu.

"Pengamanan berjumlah sekitar 1800 personel, termasuk steward. (Ini) meningkat lebih dari 100 persen, yang semula 800 personel keamanan," ungkapnya.

"Pertimbangannya untuk antisipasi Bonek yang datang ke Kediri, dilakukan penyekatan (yang melibatkan) lintas Polres mulai dari Mojokerto, Jombang, Kertosono. Ada penyekatan ketat seperti saat lawan Arema FC," beber Tri Widodo.

Sosok yang akrab disapa Widodo Hunter tersebut mengungkapkan ada peluang hasil rakor berubah. Sayangnya, waktu yang mepet tidak memungkinkan untuk kembali menggelar rakor tersebut.

"Diskusi dengan kepolisian, kalau mau ubah tanpa penonton menjadi ada penonton harus menggelar rakor ulang. Kita harus ajukan lagi ke Polresta Kediri, kalau oke ya jalan lagi. Tapi tidak mungkin, (karena) rakor butuh waktu lama, undang suporter, kedua tim, Forkopimda. Jadi bukan hal yang mudah untuk mengubah keputusan itu," pungkas Tri Widodo. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persik kediri Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan