BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts buka-bukaan mengenai permasalahan yang dialami timnya selama mengarungi Piala Menpora 2021. Yakni saat mengantisipasi set piece atau tendangan bola mati lawan.

Pelatih asal Belanda ini tak memungkiri set piece lawan masih menjadi momok menakutkan bagi Persib. Itu bisa dibuktikan saat melawan Persebaya Surabaya di babak delapan besar, Minggu (11/4).

Dua gol yang berhasil disarangkan Bajul Ijo, terlahir melalui set piece. Beruntung, Persib sudah unggul 3-0 lebih dulu, sehingga laga berakhir dengan skor 3-2.

Baca Juga:

Alasan Pelatih Bali United Turunkan Samuel Reimas untuk Babak Penalti

Tiga Pemain Persib Cedera Usai Kalahkan Persebaya, Termasuk Ezra Walian

"Ya, tentu. Itu hal yang kami diskusikan karena itu yang penting. Di sepak bola, statistik di sepak bola menyebutkan bahwa 30 persen gol lahir dari situasi set piece," ujar Robert Rene Alberts di Sleman, Yogyakarta, Senin (12/4).

Set piece ini juga terjadi saat Persib menghadapi Bali United di laga pertama babak penyisihan grup. Satu gol yang diciptakan Serdadu Tridatu melalui Willian Pacheco terjadi akibat set piece tepatnya sepak pojok.

"Kami kebobolan dalam empat laga terakhir sebanyak lebih dari 30 persen dari set piece. Jadi ini yang kami diskusikan dan ini yang saya sampaikan. Jika ingin melaju ke semi final, yang mana sudah dicapai, lalu ingin melaju lagi ke final, maka ini (antisipasi set piece) adalah hal yang harus dibenahi."

Robert Rene Alberts memastikan akan mengevaluasi kinerja para pemainnya. Sehingga bisa jauh lebih siap dalam setiap pertandingan yang dihadapi.

"Kami melaju langkah demi langkah, kami terus belajar, dan penting untuk tidak melihat bagaimana akhir dari turnamen ini tapi melihat laga berikutnya saja."

"Dengan begitu kami bisa menganalisa apa yang kurang bagus di laga sebelumnya dan bagaimana memperbaiki itu di laga berikutnya, itu yang kami kerjakan," jelasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)