Piala AFF 2022: Sikat Vietnam 1-0, Timnas Thailand Juara

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 16 Januari 2023
Piala AFF 2022: Sikat Vietnam 1-0, Timnas Thailand Juara
Timnas Thailand juara Piala AFF 2022. (ThailandNTOfficial)

BolaSkor.com - Timnas Thailand memastikan diri menjadi juara Piala AFF 2022. Kepastian ini setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di leg kedua final yang digelar di Stadion Thammasat, Senin (16/1).

Kemenangan ini membuat Thailand unggul dengan agregat 3-2. Pada leg pertama di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1), Thailand memaksa Vietnam bermain imbang 2-2.

Timnas Thailand mencetak gol menit ke-24. Adalah Theerathon Bunmathan yang menjebol gawang Vietnam lewat tembakan dari luar kotak.

Baca Juga:

Exco PSSI Minta Shin Tae-yong Mundur: Gagal Out Lah

Ketum PSSI Melepas Timnas Indonesia, Momen Haru Tak Terhindarkan

Tembakan Theerathon Bunmathan menghasilkan gol untuk Timnas Thailand. (ThailandNTOfficial)

Vietnam berupaya membalas, namun menemui kegagalan. Laga sedikit memanas menyusul pelanggaran yang dilakukan.

Kegagalan kembali dialami Vietnam pada menit ke-59. Bola tembakan Nguyen Hoang Duc tipis menyamping.

Vietnam masih belum mampu membuat gol balasan. Adapun pada menit ke-87, bola tembakan Thailand mengarah ke gawang, tetapi bisa diamankan kiper Dang Van Lam. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand menutup pertandingan.

Timnas Thailand sekaligus mempertahankan gelar juara, yang diperoleh pada edisi 2020. Secara total, ini menjadi gelar ketujuh bagi Thailand di Piala AFF.

Sementara itu, Teerasil Dangda dan Nguyen Tien Linh memegang gelar top skorer bersama dengan enam gol. Adapun Theerathon Bunmathan menjadi pemain terbaik.

Susunan Pemain:

Thailand: Kampon Phatomakkakul, Sasalak Haiprakhon, Weerathep Pomphan, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Suphanan Bureerat, Sarach Yooyen, Theerathon Bunmathan, Peeradol Chamrasamee, Adisak Kraisorn, Poramet Arjvirai

Vietnam: Dang Van Lam, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Binh, Que Ngoc Hai, Bui Hoang Viet Anh, Vu Van Thanh, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh

Vietnam Thailand Timnas Thailand Timnas vietnam Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan