BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) masih merencanakan Piala AFF 2020 akhir tahun 2021. Atau tepatnya pada tanggal 5-31 Desember 2021. Tentu saja Piala AFF digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Namun, AFF memungkinkan untuk mengubah format turnamen dari kandang-tandang menjadi home tournament. Perubahan format akan terjadi di babak semifinal dan final.

Biasanya babak ini memainkan laga kandang-tandang. Namun, karena pandemi COVID-19, laga ini akan dimainkan dengan sistem home tournament.

Meski begitu, keputusan format turnamen baru akan diputuskan pada akhir Juli 2021. Setelah itu, AFF baru menggelar undian grup di markas AFF, Malaysia, 10 Agustus mendatang.

"Drawing (Piala AFF) digelar 10 Agustus. Kami sadar perlunya persiapan untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19. Perubahan (format) mungkin akan terjadi dan kami mungkin akan menyiapkan venue netral," kata Presiden AFF Sameth Khiev, dikutip dari media Vietnam suckhoedoisong.

Baca Juga:

PPKM Darurat hingga 25 Juli, TC Timnas Indonesia Kemungkinan di Jakarta

SEA Games Ditunda, Piala AFF Masih Sesuai Jadwal

"Karena kami mau memastikan keselamatan dan kesehatan para pemain yang merupakan prioritas utama. Keputusannya akan diumumkan akhir Juli," tambahnya.

Sebelumnya, Piala AFF mengalami penundaan selama satu tahun lantaran pandemi COVID-19. Piala AFF sejatinya digelar pada 23 November sampai 31 Desember 2020.

Piala AFF 2020 akan digelar dengan dua grup, yang masing-masing berisikan empat negara. Dua venue akan ditunjuk menjadi tuan rumah babak grup. Setelah itu, babak semifinal dan final yang biasanya digelar kandang-tandang, kemungkinan diubah menjadi home tournament.

Drawing Piala AFF 2020:

Pot 1: Thailand, Vietnam
Pot 2: Indonesia, Malaysia
Pot 3: Filipina, Malaysia
Pot 4: Singapura, Kamboja
Pot 5: Laos, Timor Leste/Brunei (playoff)