BolaSkor.com - Enam negara kontestan Piala Asia 2019 sudah dipastikan mendapatkan tiket fase gugur alias 16 besar setelah memainkan dua laga di grupnya masing-masing. Sayang, dua dari tiga negara ASEAN (Asia Tenggara) gagal lolos ke fase gugur.

Kedua negara itu adalah Filipina dan Vietnam. Filipina asuhan Sven-Goran Eriksson kalah dua kali beruntun melawan Korea Selatan (0-1) dan China (0-3). Alhasil, The Azkals saat ini ada di dasar klasemen grup C.

Begitu juga dengan Vietnam. Tim asuhan Park Hang-seo, yang berstatus juara Piala AFF 2018, tidak berdaya di fase grup D setelah kalah dua kali melawan Irak (2-3) dan Iran (0-2). Vietnam saat ini ada di urutan tiga klasemen.

Baca Juga:

Piala Asia 2019: Australia Jaga Asa Lolos Grup, Filipina Dilibas China

Piala Asia 2019: Thailand Raih Kemenangan, Persaingan Grup A Kian Memanas

Sunil Chhetri, Rekor Messi, dan Kapten Fantastis yang Mengubah Sepak Bola India

Sven-Goran Eriksson

Satu-satunya tim ASEAN yang masih memperpanjang nafas mereka di turnamen adalah Thailand. Sempat kalah 1-4 dari India di laga pembuka, Thailand menang 1-0 melawan Bahrain dan menjaga asa lolos saat memainkan laga hidup mati melawan UEA.

Thailand saat ini ada di urutan tiga klasemen grup A dengan raihan tiga poin, di bawah UEA (empat poin) dan India (tiga poin).

Hasil imbang tidak cukup bagi mereka apabila di laga lainnya India menang atas Bahrain. Jadi, Thailand harus bermain dengan pikiran meraih kemenangan melawan tuan rumah.

Sementara dari tiga laga yang berlangsung pada Sabtu (12/1) malam WIB, tiga tim pemenang langsung memastikan tiket ke-16 besar Piala Asia 2019. Ketiga tim tersebut adalah Iran, Irak, dan Arab Saudi.

Sardar Azmoun borong dua gol ke gawang Vietnam

Iran menang 2-0 kontra Vietnam via dua gol Sardar Azmoun, Irak menang telak atas Yemen melalui gol Muhanad Ali, Bashar Rasan, dan Alaa Abbas. Terakhir, Arab Saudi mengalahkan Lebanon dengan skor 2-0 via gol yang dicetak Fahad Al-Muwallad dan Housain Al-Moqahwi.

Iran, Irak, Arab Saudi, melengkapi tiga tim lainnya yang sudah lolos ke fase gugur, yaitu: Yordania, China, dan Korea Selatan. Sedangkan juara bertahan Piala Asia, Australia, akan memainkan laga penentu saat melawan Suriah di laga terakhir grup A, Selasa (15/1) pukul 20.30 WIB.