BolaSkor.com - Persaingan grup A Piala Asia 2019 memanas setelah drama pertandingan terjadi di laga kedua grup. India kalah 0-2 dari Uni Emirat Arab (UEA), sementara salah satu perwakilan ASEAN, Thailand, menang tipis 1-0 melawan Bahrain.

Alhasil, belum ada satu pun tim yang sudah dipastikan lolos di grup A dan dua tim yang akan melaju ke fase berikutnya, akan ditentukan di laga pamungkas grup. UEA memimpin dengan perolehan empat poin, diikuti India dan Thailand yang sama-sama meraih tiga poin, di posisi empat ada Bahrain dengan raihan satu poin.

Dua gol UEA di Stadion ZSC dicetak oleh Khalfan Mubarak (41') dan Ali Mabkhout (88'). India tidak berkutik setelah menang telak 4-1 atas Thailand di laga pertama, yang berujung pemecatan Milovan Rajevac.

Kapten timnas India, Sunil Chhetri, tidak berkutik karena timnya kalah penguasaan bola 34 berbanding 66 persen tuan rumah, plus gagal mengonversi tiga peluang tepat sasaran menjadi gol.

Baca Juga:

Sunil Chhetri, Rekor Messi, dan Kapten Fantastis yang Mengubah Sepak Bola India

Kepergian Son Heung-min ke Piala Asia 2019 akan Dirindukan oleh Tottenham Hotspur

Selebrasi Thailand

Sementara itu, Thailand menjaga asa lolos ke fase berikutnya dengan laga penentuan melawan UEA pada Senin (14/1) pukul 23.00 WIB. Satu-satunya gol ke gawang Bahrain dicetak oleh bintang mereka, Chanathip Songkrasin di menit 58.

Kemenangan itu jadi start positif bagi pelatih baru, Sirisak Yodyardthai. "Semuanya sekarang lebih percaya diri dan merasa lega, karena kami telah bekerja keras dan bersatu, jadi hasil kerja keras itu bisa terlihat," ucap Chanathip selepas laga berakhir.

"Kami telah memenangi laga ini karena seluruh pemain bekerja keras dan saling membantu," timpal kiper berusia 34 tahun, Siwarak Tedsungnoen, dikutip dari Twitter @Changsuek_TH.

Hasil positif yang diraih Thailand itu diharapkan bisa diikuti negara ASEAN lainnya, Filipina dan Vietnam, yang juga menelan kekalahan di laga perdana grup Piala Asia 2019.

Di grup lainnya, Yordania menjadi tim pertama yang memastikan satu tiket ke fase gugur ketika menang melawan 2-0 Suriah di laga kedua grup B, melalui gol yang dicetak Musa Al-Taamari (26') dan Tareq Khattab (43').

Yodania lolos ke fase gugur Piala Asia 2019

Yordania lolos untuk ketiga kali ke fase gugur sejak berpatisipasi di Piala Asia pada tahun 2004. Tim berjuluk The Chivalrous lolos sebagai pemuncak klasemen grup dengan perolehan enam poin.

Koleksi poin Yordania itu tidak akan bisa lagi dikejar oleh Palestina, Suriah, yang sama-sama meraih satu poin, dan juga sang juara bertahan, Australia, yang ada di dasar klasemen tanpa raihan poin. Sebelumnya, Yordania menang 1-0 atas Australia.

"Saya pikir para pemain melakukan banyak hal bagus untuk Yordania, negara juga membutuhkan ini dan juga untuk kompetisi, mereka juga harus meningkat dan bekerja pada level yang lebih tinggi dari liga sekarang ini," ucap Vital Borkelmans, pelatih Yordania asal Belgia, di laman resmi Piala Asia.

"Media dan masyarakat Yordania punya tim yang bagus, kita lihat nanti di masa depan. Bukan hanya Piala Asia, kami juga harus bekerja untuk 2022 dan para pemain muda berdatangan. Ini sangat penting untuk negara seperti Yordania," imbuhnya.

Berikut hasil klasemen sementara grup A-F:

Grup A:
UEA - empat poin
India - tiga poin
Thailand - tiga poin
Bahrain - satu poin

Grup B:
Yordania - enam poin
Palestina - satu poin
Suriah - satu poin
Australia - nol poin

Grup C:
Tiongkok - tiga poin
Korsel - tiga poin
Kirigistan - nol poin
Filipina - nol poin

Grup D:
Iran - tiga poin
Irak - tiga poin
Vietnam - nol poin
Yemen - nol poin

Grup E:
Arab Saudi - tiga poin
Qatar - tiga poin
Lebanon - nol poin
Korut - nol poin

Grup F:
Jepang - tiga poin
Uzbekistan - tiga poin
Turkmenistan - nol poin
Oman - nol poin