Piala Dunia 2022: Surat Terbuka Pele untuk Lionel Messi, Argentina, Maroko, dan Kylian Mbappe

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Surat Terbuka Pele untuk Lionel Messi, Argentina, Maroko, dan Kylian Mbappe
Lionel Messi dan Pele (Twitter)

BolaSkor.com - Final Piala Dunia 2022 telah berakhir di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB. Drama pertandingan berlangsung sengit dan seru antara Argentina melawan Prancis yang harus diselesaikan via adu penalti.

Di waktu normal yang berlangsung hingga babak tambahan tiga gol Albiceleste dicetak oleh dua gol Lionel Messi (23' penalti dan 108') dan Angel Di Maria (36'). Sementara tiga gol Prancis datang dari satu pemain yaitu Kylian Mbappe (80' penalti, 81', 118' penalti).

Comeback hebat dilakukan Prancis selaku juara bertahan, tetapi Argentina tidak mengalah begitu saja. Melalui drama adu penalti, Emiliano Martinez jadi penyelamat dengan menyelamatkan satu tendangan penalti dari Prancis yang diambil Kingsley Coman.

Sementara penendang lainnya Aurelien Tchouameni gagal mencetak gol. Alhasil Argentina menang 4-2 di drama adu penalti dan mengakhiri penantian 32 tahun trofi Piala Dunia (terakhir diraih pada 1986), sekaligus trofi Piala Dunia ketiga Argentina.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Pemenang Penghargaan Piala Dunia 2022, dari Sepatu Emas hingga Pemain Terbaik

Berakhirnya Piala Dunia 2022 dengan keberhasilan Lionel Messi melengkapi kesuksesan besar dalam kariernya, bersanding dengan nama-nama legendaris seperti Pele, Diego Maradona, dan Ronaldo Nazario, turut menjadi perhatian Pele.

Pemenang tiga titel Piala Dunia memberikan ucapan selamat kepada Messi dan Argentina. Tidak lupa dalam surat terbuka yang dimuat Pele di Instagram ia memuji hat-trick Kylian Mbappe, yang menjadikannya pemain pertama yang menorehkan trigol di final dalam sejarah Piala Dunia. Kiprah Maroko yang mencapai semifinal dan mengukir sejarah untuk tim Afrika juga dibahas oleh Pele.

"Hari ini, sepak bola terus menceritakan kisahnya, seperti biasa, dengan cara yang memikat," tulis Pele di Instagram.

"Messi memenangkan Piala Dunia pertamanya, seperti yang pantas didapatkannya. Sahabatku, Mbappe, mencetak empat gol di final. Sungguh hadiah untuk menonton tontonan ini untuk masa depan olahraga kita."

"Dan saya tidak bisa tidak mengucapkan selamat Maroko untuk perjalanan yang luar biasa. Senang melihat Afrika bersinar. Selamat Argentina! Tentu Diego (Maradona) tersenyum sekarang."

Terlepas dari kontroversi Piala Dunia 2022 Qatar khususnya karena dihelat di tengah bergulirnya musim-musim di Eropa, sejarah banyak tercipta dan Piala Dunia 2022 akan masuk ke dalam salah satu daftar Piala Dunia terbaik sepanjang masa.

Pele Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Messi Lionel Messi Argentina Timnas Argentina Kylian Mbappe Maroko Timnas Maroko
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan