BolaSkor.com - Italia memastikan tempat di semifinal Piala Eropa 2020 setelah menang 2-1 atas Belgia di Stadion Allianz Arena, Sabtu (3/7) dini hari WIB. Italia unggul lewat gol Nicolo Barella di menit ke-31 dan Lorenzo Insigne (44). Belgia menipiskan skor lewat eksekusi penalti Romelu Lukaku (45+2).

Pada laga semifinal di Stadion Wembley, Rabu (7/7) dini hari WIB, Italia akan menantang Spanyol yang menyingkirkan Swiss pada laga perempat final. Laga ini merupakan ulangan final Piala Eropa 2012. Kala itu Spanyol menang telak 4-0 atas Italia pada duel di Kiev, Ukraina.

Baca Juga:

Jose Mourinho Impikan Duel Italia Vs Inggris di Final Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Pentingnya Kolektivitas Italia untuk Hentikan Romelu Lukaku

Piala Eropa 2020: Conte Beberkan Cara Italia Kalahkan Belgia


Jalannnya Pertandingan

Belgia dan Italia berusaha memegang kendali permainan di awal duel. Italia yang lebih dulu menambil inisiatif serangan sempat unggul pada menit ke-13.

Lewat skema tendangan, Leonardo Bonucci bisa mengirim bola masuk ke dalam gawang. Namun setelah pantauan VAR, wasit Slavko Vincic memutuskan gol tersebut tidak sah lantaran offside.

Belgia coba meningkatkan tekanan. Di bawah komando Kevin De Bruyne, Belgia coba merusak pertahanan Italia.

Tekanan Belgia berbuah peluang pada menit ke-22. Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma harus melakukan penyelamatan penting saat menepis tendangan keras De Bruyne dari luar kotak penalt. Empat menit berselang, giliran tembakan terarah Romelu Lukaku yang ditepis oleh Donnarumma.

Italia coba merespons serangan Belgia. Federico Chiesa dan Lorenzo Insigne sempat memberikan ancaman namun belum membahayakan gawang Thibaut Courtois.

Italia akhirnya memecah kebuntuan saat laga berjalan 31 menit. Marco Verratti yang berhasil merebut bola di daerah pertahanan Belgia menyodorkan bola pada Nicolo Barella.

Meski dikepung pemain-pemain Belgia, Barella berhasil berkelit dan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau Courtois. Italia unggul 1-0.

Italia berusaha menjaga ritme dan menutup ruang gerak para pemain lawan. Di menit ke-41, Federico Chiesa melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-44, Italia menggandakan keunggulan lewat Lorenzo Insigne. Insigne melakukan penetrasi dan melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang yang tak bisa dijangkau Courtois.

Namun, di pengujung babak pertama, Belgia mendapat penalti setelah Jeremy Doku dilanggar Giovanni Di Lorenzo. Lukaku sukses melakukan tugasnya dan Belgia sukses memperkecil skor menjadi 1-2.

Babak kedua dimulai dengan tempo cepat. Italia yang dalam posisi unggul lebih memegang kendali permainan dan terlihat lapar beburu gol ketiga.

Lima menit paruh kedua berjalan, Belgia mulai bisa mengimbangi penguasaan bola Italia. Meski begitu Lukaku dan kawan-kawan masih belum bisa menghadirkan ancaman ke lini pertahanan Italia.

Laga berjalan 55 menit, Italia semakin mendominsi permainan dan bola lebih banyak beredar di area Belgia. Sementara Belgia masih mencoba keluar dari daerah sendiri.

Meski banyak Italia banyak menekan, namun justru Belgia yang nyaris mencetak gol pada menit ke-60. Lewat serangan balik De Bruyne melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri yang disambut Lukaku di tiang jauh. Namun bola sentuhan Lukaku dari jaraj dekat masih bisa diblok Leonardo Spinazzola.

Intentisitas permainan meningkat. Italia yang unggul berusaha memperlebar jarak, sebaliknya Belgia mencoba membuat gol penyama tiap kali menguasai bola.

Belgia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-71. Kerja sama dua pemain yang baru dimasukkan Youri Tielemans dan Nacer Chadli menghadirkan ancaman di muka gawang Donnarumma. Sayang bola tidak bisa dijangkau Lukaku atau Thorgan Hazard.

Ketika waktu normal tersisa 15 menit, Belgia meningkatkan tekanan. Pasukan Roberto Martinez lebih aktif memburu bola hingga ke lini pertahanan Italia.

Pada 10 menit terakhir laga, Italia bertahan lebih dalam mencoba meredam serangan Belgia. Secara disiplin lima pemain selalu ada melindungi Donnarumma.

Strategi Italia berjalan, Belgia yang banyak menguasai permainan kesulitan menciptakan peluang. Hingga laga usai, Italia mampu mempertahankan keunggulan 2-1. Gli Azzurri pun lolos ke semifinal untuk menantang Spanyol.


Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Thomas Meunier (Chadly 69/Praet 74), Axel Witsel, Youri Tielemans (Mertens 69), Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku.


Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola (Emerson 79); Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti (Cristante 74); Federico Chiesa (Toloi 90), Lorenzo Insigne (Berardi 79), Ciro Immobile (Belotti 74).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini