Piala Eropa 2020 - Italia 3-0 Turki: Pesan Serius Gli Azzurri

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 Juni 2021
Piala Eropa 2020 - Italia 3-0 Turki: Pesan Serius Gli Azzurri
Timnas Italia 3-0 Turki (@EURO2020)

BolaSkor.com - Tuan rumah Piala Eropa 2020 timnas Italia mengirim pesan serius sebagai calon juara usai mengawali laga pembuka grup A kontra Turki di Stadio Olimpico, Sabtu (12/06) dini hari WIB. Gli Azzurri menang 3-0 dari gol bunuh diri Merih Demiral, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne.

Italia memuncaki klasemen sementara dan di pertandingan keduanya nanti akan menghadapi Swiss di Stadio Olimpico, Kamis (17/06) pukul 02.00 dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Dengan taktik 4-3-3 tuan rumah Italia arahan Roberto Mancini sudah menurunkan formasi ofensif, mengandalkan Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Domenico Berardi di lini depan. Turki bertahan dan mengandalkan serangan balik dengan taktik 4-1-4-1.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 dan Pertanyaan Terkait Covid-19

Prediksi Pemenang Piala Eropa 2020 Versi Komputer Super

Marcelo Lippi Lihat Tanda-tanda Kejayaan Italia di Piala Eropa 2020

Pertandingan berjalan satu arah di paruh pertama. Italia dengan penguasaan bola coba membongkar Turki yang bermain bertahan. Ironisnya cara main mereka bak Italia di masa lalu: catenaccio.

Turki tanpa satu pun tendangan tepat sasaran di babak pertama yang menguji Gianluigi Donnarumma, sementara Italia dibuat frustrasi. Paruh pertama berakhir tanpa gol.

Gol pertama baru tercipta di babak kedua selepas masuknya Giovanni Di Lorenzo di kubu Italia dan Cengiz Under di kubu Turki. Merih Demiral mencetak gol bunuh diri di menit 53 kala coba membelokkan bola dari Berardi. Italia unggul 1-0.

Gol Ciro Immobile

Keran gol Italia terbuka karena kini Turki mau tak mau bermain ofensif. Gol kedua tercipta di menit 66. Ugurcan Cakir menepis bola dari peluang Leonardo Spinazzola dan Immobile menyambar bola rebound. 2-0.

Italia 'membunuh' laga dengan gol ketiga yang tercipta dari serangan cepat tuan rumah. Menyambut bola Lorenzo Insigne tak terkawal dan menjebol gawang Cakir hingga Italia unggul telak 3-0 di menit 79.

Selepas gol itu tidak jawaban dari Turki. Sampai akhir pertandingan plus tambahan waktu 90+3 Italia mengamankan keunggulan dengan skor 3-0 atas Turki.

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Leonardo Spinazzola, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Alessandro Florenzi (Giovanni Di Lorenzo 46'); Manuel Locatelli (Bryan Cristante 74'), Jorginho, Nicolo Barella; Lorenzo Insigne (Federico Chiesa 81'), Ciro Immobile (Andrea Belotti 81'), Domenico Berardi (Federico Bernardeschi 85')

Pemain Cadangan: Salvatore Sirigu, Bryan Cristante, Matteo Pessina, Federico Bernardeschi, Federico Chiesa, Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Emerson, Giacomo Raspadori, Francesco Acerbi, Alex Meret, Andrea Belotti.

Pelatih: Roberto Mancini

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir; Umut Meras, Caglar Soyuncu, Merih Demiral, Zeki Celik; Okay Yokuslu (Irfan Can Kahveci 65'), Hakan Calhanoglu, Yusuf Yazici (Cengiz Under 46'), Ozan Tufan (Kaan Ayhan 64'), Kenan Karaman (Halil Dervisoglu 76'); Burak Yilmaz

Pemain Cadangan: Halil Dervisoglu, Irfan Can Kahveci, Enes Unal, Ozan Kabak, Altay Bayindir, Cengiz Under, Fehmi Mert Gunok, Orkun Kokcu, Mert Muldur, Dorukhan Tokoz, Kaan Ayhan, Taylan Antalyali.

Pelatih: Senol Gunes

Simak rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini.

Breaking News Italia Timnas Italia Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan