Plus Minus 4 Calon Manajer Baru Arsenal Pengganti Unai Emery

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 29 November 2019
Plus Minus 4 Calon Manajer Baru Arsenal Pengganti Unai Emery
Unai Emery (zimbio)

BolaSkor.com - Arsenal akhirnya mendepak Unai Emery sebagai manajer. Catatan tidak pernah menang dalam tujuh laga sudah cukup menjadi alasan bagi The Gunners memutuskan hubungan kerja.

Untuk sementara, posisi Emery akan diisi oleh Freddie Ljungberg. Saat ini Arsenal belum memunculkan tanda-tanda siapa sosok yang akan menggantikan Emery.

Baca Juga:

Tujuh Pertandingan Beruntun Tanpa Menang, Arsenal Pecat Unai Emery

Arsenal Ulangi Rekor Kelam 20 Tahun Silam, Nasib Unai Emery di Ujung Tanduk

Eks Arsenal Sebut Chris Wilder Harus Masuk dalam Daftar Calon Pengganti Unai Emery

"Pencarian untuk pelatih baru sedang berjalan dan kami akan membuat pengumuman lebih lanjut saat proses selesai," demikian pernyataan klub.

Beberapa nama langsung muncul sebagai calon manajer baru Arsenal. Sempat tersiar nama seperti Patrick Vieira dan Carlo Ancelotti. Namun ada empat nama yang disebut memiliki peluang besar.

Berikut empat calon kuat manajer Arsenal pengganti Unai Emery dan plus-minusnya.


Nuno Espirito Santo

Plus

Manajer Wolverhampton Wanderers menjadi favorit di banyak rumah taruhan di Inggris. Nama Nuno Espirito Santo muncul menyusul keberhasilannya menyulap Wolves.

Tiba di Wolves pada 2017, Nuno membawa klub meraih promosi ke Premier League. Musim lalu di bawah Nuno, Wolves finis di posisi ketujuh Premier League.

Saat ini Wolves bertengger di peringkat kelima klasemen sementara, di atas Arsenal, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Dengan pencapaiannya di Wolves dan pengalamannya bersama Porto dan Valencia, Nuno disebut menjadi sosok yang dibutuhkan Arsenal.

Minus

Meski mencuri perhatian bersama Wolves, Nuno belum pernah meraih trofi besar sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Selain itu Nuno dinilai sebagai pelatih yang moncer saat menangani klub kecil yang acap kesulitan di panggung besar.

Sebelum bergabung dengan Wolves, Nuno dipecat Porto setelah hanya bertugas selama satu musim. Nuno dipecat karena gagal memenuhi target.


Mikel Arteta

Plus

Nama Mikel Arteta muncul sebagai salah calon kuat pengganti Emery karena dinilai memiliki pengetahuan tentang Arsenal. Pengalaman lima tahun bersama Arsenal, 2011-2016, sebagai pemain menjadi modal penting bagi Arteta.

Arteta bisa menghadirkan mental juara kembali ke Arsenal. Pengalaman tiga tahun mendampingi Pep Guardiola di Manchester City merupakan faktor positif.

Selain itu, Arteta yang merupakan mantan pemain akan mendapat sambutan baik dari suporter Arsenal yang terkenal vokal.


Minus

Di sisi lain, Arteta yang berusia 37 tahun belum memiliki pengalaman sebagai manajer. Sejak gantung sepatu, dia hanya memiliki pengalaman sebagai asisten Pep Guardiola di City.

Tidak hanya itu, Arsenal harus berusaha keras untuk menggaet Arteta. Pasalnya Pep Guardiola sudah menegaskan masih akan memakai jasa Arteta paling tidak hingga musim ini berakhir.


Massimiliano Allegri

Plus

Tidak ada yang menyangkal, Max Allegri akan membawa mental pemenang ke dalam tubuh Arsenal. Hal ini tentu saja melihat rekam jejak Allegri bersama AC Milan dan Juventus.

Minus

Satu hal yang menghalangi Allegri bergabung dengan Arsenal adalah soal kesiapan.

Allegri sempat mengatakan dia ingin menunggu hingga musim ini berakhir sebelum menentukan langkah selanjutnya.

Selain itu, selama ini Allegri dikenal sebagai pelatih yang tidak memperhatikan pemain muda dan lebih mengutamakan pemain bintang.


Mauricio Pochettino

Plus

Pelatih asal Argentina ini baru saja dipecat Tottenham Hotspur, rival sejati Arsenal. Meski dipecat reputasi Pochettino sebagai arsitek jempolan masih terjaga.

Selama lima setengah tahun, Pochettino dinilai sukses membangkitkan Tottenham meski mendapatkan sokongan minim dari klub.

Selain itu Pochettino sempat melemparkan sinyal dirinya bersedia menangani Arsenal setelah posisinya di Spurs digantikan Jose Mourinho.

Minus

Sebagai eks manajer klub rival, Pochettino tidak akan mendapatkan sambutan baik oleh suporter Arsenal. Apalagi di masa lalu Poch pernah mengatakan tidak akan pernah menjadi manajer Arsenal dan Barcelona.

Selain itu, Arsenal harus bersaing ketat dengan Bayern Munchen yang dikabarkan juga ingin memakai jasa Pochettino.

Premier League Arsenal
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan