Polemik Bintang di Atas Logo, Persija Tak Ikuti Persib dan Berkiblat ke Liga Italia

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Minggu, 23 Desember 2018
Polemik Bintang di Atas Logo, Persija Tak Ikuti Persib dan Berkiblat ke Liga Italia
Persija Jakarta. (BolaSkor.com/Muhammad Adiyaksa).

BolaSkor.com - Sejak Liga Indonesia era 1994, Persija Jakarta sudah dua kali keluar menjadi yang terbaik. Total, tim berjuluk Macan Kemayoran ini sebelas kali meraih gelar juara ditambah pada masa perserikatan.

Persija sejajar dengan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya yang juga mengemas dua trofi sejak Liga Indonesia 1994. Persipura Jayapura menjadi tim yang paling banyak meraih gelar, jumlahnya hingga empat.

Lantaran pernah lebih dari sekali menjadi kampiun, Persib memasang dua bintang dan Persipura empat bintang di atas logonya. Adapun, Persija baru satu. Yang selama ini ditafsirkan, tim berjuluk Macan Kemayoran itu telah meraih sepuluh gelar juara, sebelum mengoleksi trofi yang kesebelasnya pada musim lalu.

Berpatokan pada sistem di Liga Italia, setiap tim yang telah mencapai sepuluh gelar juara, akan menempelkan satu bintang di atas logonya. Jumlah bintang akan bertambah bila mencapai 20 kali juara dan seterusnya.

Di Liga Indonesia, belum ada aturan soal penempatan jumlah bintang di atas logo. Setiap klub berhak menafsirkannya secara mandiri.

Baca Juga:

Terkait Match Fixing, PSSI Hukum PS Mojokerto Putra Larangan Berkompetisi di Musim 2019

Empat Pemain Asing Dilepas Persela Lamongan, Tiga Diantaranya Terpaksa Direlakan

Tapi itu tidak berlaku untuk Persija. Macan Kemayoran tetap akan menggunakan satu bintang, walau telah membukukan sembilan trofi Perserikatan plus dua Liga Indonesia.

Makna bintang di atas logo Persija mengikuti kebiasaan di Liga Italia. Ketua Umum suporter Persija, Jakmania, Tauhid Indrasjarief membocorkan bahwa tim kebanggaannya tetap akan memakai satu bintang.

"Tidak terlalu mempermasalahkan bintang, tapi saya lihat aspirasi anak Jakmania itu 1 bintang. Kenapa saya tidak terlalu mempermasalahkan? Karena tidak ada regulasi yang pasti dari PSSI," ujar Tauhid.

"Anak-anak (Jakmania) berharap satu bintang itu kan berkiblat pada Italia. Italia sepuluh kali juara, 1 bintang, di kita kan tak ada aturan seperti itu. Mau Persipura empat bintang, Persib pakai dua bintang, itu hak mereka. Mereka merasa juara, mereka punya pemahaman berbeda, itu hak mereka."

"Tapi, karena aspirasi dari anak-anak cukup 1 bintang, saya sudah sampaikan ke manajemen dan ke sponsor, kami minta 1 bintang. Mereka akan tercetak, tapi yang berikutnya mereka janji. Menurut mereka jersey sudah ada yang tercetak (dua bintang). Tapi berikutnya, saya minta satu bintang," kata pria yang karib dipanggil Bung Ferry tersebut.

Persija jakarta Liga 1 Jakmania Ferry Indrasjarief
Posts

1.188

Bagikan