PP The Jakmania Minta Maaf Atas Kerumunan Suporter di Jakarta

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 27 April 2021
PP The Jakmania Minta Maaf Atas Kerumunan Suporter di Jakarta
The Jakmania. (BolaSkor.com/Hadi Febiansyah)

BolaSkor.com - Pengurus Pusat (PP) The Jakmania akhirnya buka suara terkait dengan kerumunan yang terjadi pasca Persija Jakarta meraih gelar juara Piala Menpora 2021. PP The Jakmania pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi atas kerumunan tersebut.

Setelah Persija memastikan diri menjadi juara Piala Menpora 2021 usai menang agregat 4-1 atas Persib Bandung, The Jakmania langsung mengadakan konvoi untuk merayakan juara tersebut. Beberapa titik di Jakarta ramai oleh The Jakmania.

Namun perayaan tersebut melanggar peraturan pemerintah dan imbauan dari Panitia Pelaksana Piala Menpora. Karena sebelumnya, semua sudah sepakat jika salah satu tim meraih kemenangan dan menjuarai Piala Menpora 2021 ini, tidak ada perayaan yang berlebihan.

Baca Juga:

34 Pemain Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Pemain Terbaik Piala Menpora, Marc Klok Incar Tempat di Timnas

Polda Metro Jaya menangkap 65 orang suporter klub Persija Jakarta yang melakukan perayaan kemenangan, Minggu (25/4). The Jakmania yang ditangkap itu dinilai melanggar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dengan berkerumun di Bundaran HI.

"Tak ada niat sedikitpun dari kami, selaku Pengurus Pusat The Jakmania, untuk menginstruksikan anggota melakukan konvoi atau perayaan apa pun yang berlebihan, apalagi sampai melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," bunyi pernyataan resmi The Jakmania.

PP The Jakmania mengaku sudah memberikan imbauan kepada para anggotanya untuk tidak melakukan konvoi. Berbagai kampanye sudah dilakukan, baik melalui Koordinator Wilayah (Korwil), Biro Resmi, dan Media Sosial The Jakmania.

Hal itu terlihat dari final leg pertama yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 22 April 2021. Tak ada selebrasi yang dilakukan oleh suporter Persija meski menang 2-0 atas Persib. Namun, PP The Jakmania mengakui bahwa euforia pada pertandingan leg kedua memang berbeda dari leg pertama.

"Turnamen ini berhasil menyita perhatian dan emosi. Ditambah lagi, laga final mempertemukan Persija Jakarta dengan Persib Bandung," tulis mereka.

"Semua menimbulkan spontanitas bagi sebagian The Jakmania. Meskipun jumlahnya masih sangat sedikit dibandingkan dengan pawai sebelumnya saat kita menjuarai Piala Presiden 2018 maupun Liga 1 2018."

"Hal ini menggambarkan bahwa The Jakmania masih menahan diri, masih mematuhi protokol kesehatan dan komitmen bersama yang telah disepakati untuk tetap berada di rumah. Kami berharap, Liga 1 akan segera dimulai kembali, agar sepak bola di negeri ini bisa berprestasi," tulis mereka memungkasi.

Persija jakarta Breaking News The jakmania Piala menpora
Posts

4.871

Bagikan